IBL

Knicks menyuguhkan permainan atraktif di hadapan penggemarnya sendiri di New York dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu Knicks menang tipis 136-134 lewat babak tambahan (overtime) di Madison Square Garden, Manhattan, New York, Amerika Serikat, Sabtu 1 Desember 2018 waktu setempat. Empat pemainnya mencetak 20+ poin demi memukul balik Bucks setelah tertinggal di tiga kuarter pertama.

Emmanuel Mudiay jadi pemain tersubur Knicks dengan 28 poin dan 7 asis. Ruki Kevin Knox di belakangnya dengan 26 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Tim Hardaway Jr. dan Damyean Dotson lalu menambahkan masing-masing 21 poin. Keempatnya menjadi senjata tajam yang membuat Bucks tunduk di rumah Knicks.

Kendati demikian, Giannis Antetokounmpo, forwarda Bucks, hampir tidak bisa dihentikan di pertandingan ini. Ia mencetak 33 poin, 19 rebound, dan 7 asis. Belum lagi duo garda Eric Bledsoe dan Malcolm Brogdon juga mampu mendulang 27 dan 22 poin. Namun, perolehan mereka tidak juga membuahkan kemenangan karena Knicks impresif sejak kuarter dua. Mereka selalu unggul perolehan poin di tiap kuarter, kecuali di kuarter satu. Apalagi akurasi tembakan mereka juga lebih tinggi (53,1 persen) daripada Bucks (48,9 persen).

Bucks sebenarnya unggul 35-28 di kuarter pembuka. Mereka berhasil tampil panas sejak awal pertandingan. Namun, Knicks ternyata bisa bangkit di kuarter dua dengan mencetak dua poin lebih banyak (33-31). Hanya saja, tim kebanggaan New York itu masih tertinggal karena akumulasi perolehan poin tetap mengunggulkan tamu, 66-61.

Di kuarter tiga, Bucks tampil konsisten. Mereka mencetak 31 poin lagi untuk tetap menjaga asa di pertandingan ini. Namun, Knicks—yang bermain di rumah sendiri—terus menekan dengan mencetak 32 poin. Pemain cadangan, Dotson, tampil impresif dengan mencetak 16 poin dalam 16 menit. Ia membuat timnya mencetak running point 15-3 setelah melesakkan tripoin di pengujung kuater tiga. Knicks pun membayangi tamunya 93-97.

Pertandingan semakin ketat di kuarter empat meski Antetokounmpo sempat membuat Bucks memimpin 10 poin (109-99). Hanya saja, Knicks terus tancap gas karena empat pemainnya seperti Mudiay, Knox, Hardaway Jr., dan Dotson sudah mencetak 20+ poin. Pertandingan di satu menit terakhir pun menjadi krusial karena skor semakin tipis perbedaannya.

Di sisa 1:06, Bucks hanya unggul satu poin (122-121), tetapi Antetokounmpo ternyata berhasil mencetak dua poin lagi untuk memperlebar jarak.  Kepala Pelatih David Fizdale pun mengambil jeda untuk mengatur ulang permainan Knicks di sisa waktu yang ada. Ia berusaha sebisa mungkin membuat Knicks tidak perlu menanggung malu di hadapan penggemarnya.

Setelah jeda, Mudiay yang bermain sebagai garda utama mengatur serangan mereka. Bola ada ditangannya sementara Vonleh membuat tembok agar Mudiay bisa lolos. Ia sempat melewati Vonleh untuk menciptakan ruang menembak bagi dirinya sendiri. Sejurus kemudian, Mudiay pun melepas tembakan tripoin di sayap kiri serangan; menyamakan kedudukan 124-124; memaksa Bucks untuk bermain ke babak tambahan (overtime).

Di babak tambahan, kedua tim tampak tidak ada yang mengendurkan permainan. Namun, hanya ada satu pemenangan dalam pertandingan ini. Knicks berhasil unggul 12-10 dan menutup pertandingan dengan kemenangan tipis 136-134.

Pertandingan hari ini merupakan kemenangan kedelapan Knicks dari total 24 pertandingan. Akibatnya, mereka tertahan di papan bawah klasemen sementara Wilayah Timur. Meski begitu, mereka masih menyisakan banyak pertandingan sampai musim reguler selesai. Selanjutnya, Knicks akan menghadapi Washington Wizards tiga hari lagi. Sementara itu, Bucks akan menghadapi Detroit Pistons minggu depan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar