IBL

Washington Wizards tampil di rumah sendiri melawan Houston Rockets dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Saat itu, Wizards pun mengalahkan tamunya lewat babak tambahan (overtime) dengan skor 135-131 di Capital One Arena, Washington D.C., Amerika Serikat, Senin 26 November 2018 waktu setempat.

Duo garda Wizards, John Wall dan Bradley Beal, menjadi pencetak angka terbanyak mereka. Wall bahkan menyumbang dobel-dobel 36 poin dan 11 asis. Sementara itu, Beal memberi 32 poin dengan akurasi tembakan mencapai 66,6 persen.

Selain itu, duo garda Wizards itu juga mendapat tambahan tenaga dari bangku cadangan. Forwarda Markieff Morris menambahkan dobel-dobel 22 poin dan 11 rebound untuk membantu mereka memenangkan pertandingan.

Wizards memenangkan pertandingan—salah satunya—karena akurasi mereka lebih tinggi. Mereka memasukkan 56,8 persen tembakan sementara Rockets hanya 47,4 persen. Wall, Beal dkk. juga bermain tenang di babak tambahan meski Harden sedang panas-panasnya di pertandingan ini. Ia bahkan bisa membuat timnya meroket sejak awal pertandingan.

Rockets sebenarnya tampil panas sejak kuarter satu. Mereka sempat unggul dengan margin 12 poin (42-30). Namun, Wizards ternyata mampu membalikkan keadaan di kuarter dua setelah mencetak 37 poin tambahan. Apalagi para pemain besar (big man) Rockets bermasalah dengan pelanggaran.

Capela, misalnya, melakukan tiga pelanggaran. Marquese Chriss—penggantinya—juga melakukan tiga pelanggaran hanya dalam lima menit. Rockets pun terpaksa bermain dengan susunan pemain kecil (small line-up) untuk bermain lebih cepat dengan tembakan-tembakan jarak jauh. Namun, tembakan mereka di belakang busur tripoin justru sangat buruk di kuarter dua (1/10).

Wizards memanfaatkan tumpulnya serangan lawan untuk mengambil alih kepemimpinan 67-65.    

Di kuarter tiga, Tuan Rumah sempat mencuri start dengan memasukkan 6 dari 7 tembakannya. Namun, Rockets bisa mengatasinya mencetak poin lebih banyak lewat peran James Harden. Pemain terbaik NBA 2017-2018 itu bahkan bisa mencetak 44 poin, yang merupakan 40+ poin-dua-kali-beruntun pertamanya di musim ini. Harden secara total telah melakukan 40 + poin-dua-kali-beruntun sebanyak sembilan kali selama karirnya di NBA.

Rockets pun berbalik unggul 98-94.

Dengan kondisi tertinggal, Wizards yang bermain di rumah sendiri tidak tinggal diam di kuarter empat. Mereka berkali-kali mengubah keadaan dengan menyusul perolehan poin Rockets. Namun, Harden dkk. juga tidak membiarkan Tuan Rumah berbuat seenaknya di hadapan penggemar sendiri. Kedua tim berbalas poin hingga akhirnya skor imbang 125-125.

Pertandingan mesti berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan itu, kedua tim tetap bermain ketat. Harden membara dengan mencetak dobel-dobel 54 poin dan 13 asis, tetapi Wizards pada akhirnya menguasai pertandingan karena mencetak empat poin lebih banyak (10-6). Mereka pun menang di rumah sendiri dengan skor akhir 135-131.

Dengan kemenangan itu, Wizards membuat Rockets mengalami tiga kekalahan beruntun. Sementara mereka kini tengah mengemas dua kemenangan beruntun dengan total kemenangan 8 dari 20 pertandingan.

Wizards akan kembali bermain lusa dengan menghadapi New Orleans Pelicans. Di sisi lain, Rockets (9-10) akan bertemu Dallas Mavericks di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar