IBL

Bob Marley pernah mengatakan, satu hal yang bagus soal musik adalah ketika musik menyentuh kita, kita tidak merasakan sakit (one good thing about music, when it hits ya, you feel no pain). Ia mengatakan itu dalam lagunya berjudul Trench Town Rock di sekitar 1971.

Sejauh ini, musik memang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Musik ada di mana-mana; dalam acara hiburan maupun ritual-ritual seperti upacara bendera, bahkan di kehidupan sehari-hari yang biasa. Ia punya fungsi yang beragam, termasuk untuk menenangkan diri.

Sue Shellenbarger dalam artikelnya di The Wall Street Journal menuliskan, mendengarkan musik adalah salah satu cara yang bisa digunakan orang tua untuk memberi contoh keterampilan menenangkan diri pada anaknya. Dalam penelitian lain, dr. Samuel Halim mengatakan, musik dapat bertindak tidak hanya sebagai sumber suara menyenangkan yang memberikan perasaan menyenangkan pula, tetapi juga sumber penyembuhan. Maka, tidak heran kalau musik bagi beberapa orang—sekali lagi—menjadi bagian penting dalam hidupnya. Tidak terkecuali para atlet bola basket. Banyak dari mereka sebelum bertanding senang mendengarkan musik dulu.

 

***

 

Mainbasket kali ini membahas lima lagu favorit Rizal Falconi dari Satria Muda Pertamina Jakarta. Ia memiliki tiga lagu dari Barat dan dua lagu dari dalam negeri. Simak daftar lagu favorit Rizal, sebagai berikut:

Tentang Rindu-Virzha

Virzha merupakan penyanyi jebolan Indonesia Idol. Setelah mengikuti ajang bakat itu, ia pun melanjutkan karirnya sebagai solois. Pada 2018 ini, Virzha merilis sebuah single baru berjudul Tentang Rindu. Ia mengatakan, lagu itu dibuat untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada Sang Ayah yang sempat tinggal jauh darinya.

Surat Cinta Untuk Starla-Virgoun

Virgoun Tambunan sebenarnya adalah vokalis Last Child. Namun, dalam lagu Surat Cinta Untuk Starla, ia tampil dengan namanya sendiri tanpa embel-embel Last Child. Ia menciptakan lagu tersebut untuk mengisi lagu tema film dengan judul yang sama pada 2016. Apalagi lagu itu memang menceritakan tentang seorang perempuan bernama Starla, yang dalam film diperankan oleh Caitlin Halderman.   

Bank Account-21 Savage

21 Savage merilis lagu Bank Account dalam album debutnya yang berjudul Issa Album. Ia menulis dan merekam lagu tersebut bersama produser musik Metro Boomin. Namun, menurut 21 Savage, ia hampir mengerjakan semuanya sendirian. Metro hanya membantunya memoles lagu dengan menyesuaikan iramanya.    

Both of Us-B.o.B ft. Taylor Swift

Lagu Both of Us merupakan lagu lama hasil kolaborasi rapper B.o.B dengan Taylor Swift. Mereka merilis lagu tersebut pada 2012 silam dalam album Strange Clouds milik B.o.B. Namun, B.o.B sendiri tidak mau menyebut Both of Us sebagai sebuah lagu. Ia lebih memilih menyebutnya sebagai proyek bersama, karena lagu tersebut bukan hanya tentang dirinya dan Swift, tetapi justru menceritakan tentang kehidupan masyarakat dan kelas-kelasnya. Apalagi lirik lagunya terinspirasi dari ide Swift tentang rasisme dan perisakan.      

I Like It-Cardi B, Bad Bunnny & J Balvin

Rapper Cardi B berkolaborasi dengan artis Puerto Rico (Bad Bunny) dan reggaeton asal Kolombia (J Balvin) untuk merekam I Like It. Pada lagu tersebut, ketiganya memasukkan banyak unsur Latin untuk menunjukkan dari mana asal mereka. Cardi B dkk. bahkan membuatnya dalam berbagai versi sebelum menjadi lagunya yang sekarang. Mereka melakukan itu untuk mendapatkan bentuk terbaik dari I Like It yang terilhami dari diri mereka. Pada akhirnya, upaya itu terbayar karena lagu tersebut sempat menjadi pemuncak tangga lagu Billboard Hot 100 pada Juli 2018. Cardi B pun menjadi satu-satunya rapper perempuan yang pernah memuncaki tangga lagu itu dua kali.  

Foto: Hariyanto

Komentar