TIMNAS

Cleveland Cavaliers berhasil memutus tren kekalahan mereka dengan mengalahkan Philadelphia 76ers beberapa waktu lalu. Kini, mereka pun berhasil melanjutkan perjalanannya di NBA 2018-2019 dengan merebut satu kemenangan lagi melawan Houston Rockets. Cavs menang 118-108 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Sabtu 24 November 2018 waktu setempat.

Ruki Collin Sexton menjadi pencetak angka terbanyak Cavs di pertandingan ini. Ia mencetak 29 poin dengan akurasi tembakan mencapai 66,6 persen. Jordan Clarkson, garda lainnya, lalu menambahkan 20 poin ketika Kyle Korver dan David Nwaba sama-sama memberi 12 poin.

Sementara itu, Tristan Thompson, senter Cavs, juga menyumbang kontribusi penting. Ia mencetak dobel-dobel 16 poin dan 20 rebound. Menurut catatan klub, itu merupakan dobel-dobel Thompson yang kesembilan musim ini.

Cavs memenangkan pertandingan karena menguasai bola-bola pantul. Mereka berhasil mendapat 20 offensive rebound, yang kemudian menjadi kesempatan kedua mereka untuk mencetak angka. Apalagi senter Rockets, Clint Capela, tidak bermain sebagus sebelumnya. Ia hanya mencetak 12 poin dan 10 rebound hari ini. Padahal di pertandingan sebelumnya, ia bisa mencetak lebih dari itu. Thompson benar-benar menyulitkannya.

Kendati demikan, ketika Capela tidak begitu bisa diandalkan, James Harden tetap bisa menjadi motor serangan Rockets. Pemain terbaik 2017-2018 itu bahkan mencetak 40 poin di pertandingan ini. Namun, mereka tetap kalah meski asudah bermain ketat hampir di sepanjang pertandingan. Rockets bahkan unggul 30-29 setelah James Harden mencetak 15 poin. Namun, mereka sempat kewalahan di tiga menit pertama karena melakukan lima kali kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover). Kepala Pelatih Mike D’Antoni pun terpaksa mengatur ulang permainan mereka untuk menekan kesalahan itu. Pada akhirnya, upayanya berhasil karena Rockets hanya melakukan satu turnover setelah itu.

Di kuarter dua, Cavs memukul balik Rockets dengan perolehan poin 34-8. Dengan perolehan itu, mereka pun berhasil unggul 63-58. Akurasi tembakan mereka saat itu relatif tinggi di angka 50 persen dengan tripoin 46,2 persen dan tembakan gratis 81,3 persen.

Ketika Cavs di atas angin, Eric Gordon mencoba menjatuhkan mereka dengan tembakan-tembakan jarak jauh. Ia mencetak 3 tripoin dari 4 percobaan supaya Rockets meroket di kuarter tiga. Gordon bahkan mencetak 13 dari total 28 poin hanya dalam enam menit di kuarter itu. Hanya saja, upaya itu tidak juga membuat mereka bisa langsung membalikkan keunggulan. Cavs tetap di atas angin karena berhasil mencetak lima poin lebih banyak (30-25), lalu unggul dengan total skor 93-83 di kuarter tiga.

Di kuarter empat, Rockets berusaha menancap gas supaya unggul. Namun, Cavs menyebar pemainnya untuk menjaga lawan dengan satu lawan satu. Kepala Pelatih Cavs, Larry Drew, tampak berusaha meniru cara Detroit Pistons ketika tim itu menumbangkan Rockets kemarin. Pada akhirnya, Cavs pun berhasil menjaga asa dan menutup pertandingan dengan kemenangan 117-108.

Ini merupakan kemenangan keempat Cavs di 2018-2019. Mereka sebenarnya tengah terpuruk karena baru memenangkan 4 dari 15 pertandingan. Akibatnya, mereka pun jatuh ke peringkat 14 klasemen sementara Wilayah Timur.

Selanjutnya, Cavs akan menghadapi Minnesota Timberwolves lusa di Quicken Loans Arena. Sementara itu, Rockets akan melawat ke rumah Wizards di Washington D.C. di hari yang sama. (GNP)     

Foto: NBA

Komentar