IBL

Houston Rockets menyambut Golden State Warriors dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Saat itu, mereka sekaligus merebut satu kemenangan kandang dari Warriors dengan skor 107-86. James Harden, garda tembak andalan Rockets, menjadi pencetak angka terbanyak di Toyota Center, Houston, Texas, Kamis malam 15 November 2018 waktu setempat.

Harden mencetak 27 poin. James Ennis III lalu menambahkan 19 poin. Eric Gordon, garda cadangan, juga berkontribusi dengan 17 poin. Sementara itu, Clint Capela mencetak dobel-dobel 10 poin dan 10 rebound ketika Chris Paul mengumpulkan 10 poin, 5 rebound, dan 7 asis juga 3 steal penting di pertandingan ini.

Rockets memenangkan pertandingan karena membuat Warriors tampil tidak seperti biasanya. Rockets berkali-kali menahan serangan Warriors, sehingga juara bertahan NBA itu tampil “bau” dengan hanya memasukkan 4 dari 18 tripoin. Rockets bahkan membuat Warriors kesulitan mengirim operan-operannya dan klub asal Oakland itu malah membuat 17 kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover). Rockets pun memanfaatkan itu untuk mendulang 29 poin tambahan selama empat kuarter.

Pada mulanya, Warriors memimpin pertandingan dengan mencetak enam poin beruntun sementara Rockets tetap nol sampai menit 9:46. Rockets baru mendapat poin pertama dari tembakan gratis Harden yang hanya masuk satu. Akurasi tembakan mereka buruk di angka 28,6 persen. Warriors lebih baik dengan memasukkan 44,4 persen meski belum mencetak tripoin satu pun. Rockets lantas mengambil jeda (timeout) untuk mengatur ulang permainan mereka.

Setelah jeda, Harden dkk. mulai menemukan sentuhannya meski ia pada mulanya gagal mengeksploitasi pemain besar lawan. Pemain terbaik NBA itu berkali-kali berusaha menipu mereka dengan langkah-mundur-tembak, tetapi bola tidak juga masuk. Untungnya, Rockets bisa membalikkan keadaan 16-15 setelah Harden mencetak tripoin di sayap kanan Rockets.

Sejak itu, mereka pun mendapat momentumnya dan menutup kuarter satu dengan unggul 25-19. Kecuali Ennis, semua starter Rockets menyumbang angka sementara tiga starter Warriors (Iguodala, Green, dan Jones) malah nirpoin.

Di kuarter dua, Rockets meroket dengan selisih 10 poin dengan sisa waktu 3:13. Warriors yang tampil tanpa pencetak angka terbanyaknya, Stephen Curry, kesulitan meretas pertahanan Tuan Rumah. Mereka hanya bisa mengirim 9 asis dan melakukan 9 kesalahan yang berakhir serangan balik (turnover). Selain itu, Warriors juga tumpul (1/7 tripoin) di paruh pertama.

Rockets terus unggul 47-41.

Harden dkk. tidak juga mengendurkan serangan mereka di kuarter tiga. Mereka sempat menjauh 56-45 di menit 6:51 sampai Rockets mengambil jeda untuk memperbaiki akurasi. Akurasi mereka saat itu rendah di angka 38,5 persen. Harden hanya bisa memasukkan 3 dari 11 tripoin. Sementara itu, meski tertinggal, Warriors tetap lebih baik di angka 40,9 persen.

Setelah jeda, akurasi Rockets meningkat ke angka 40,3 persen sambil terus menahan tripoin Warriors. Pertahanan berhasil mengawal serangan lawan sampai klub asuhan Steve Kerr itu kesulitan di belakang busur. Mereka hanya memasukkan 1 dari 11 tripoin selama tiga kuarter. Padahal Warriors rata-rata mencetak 12,9 tripoin per pertandingan.

Selain itu, Warriors juga buntu dalam mengalirkan bola dengan hanya mengoleksi 11 asis sementara rata-rata mereka tinggi di angka 29,9. Perbandingan angka-angka itu menunjukkan, Warriors tidak bermain seperti biasanya meski Kevin Durant mencetak total 20 poin di pertandingan ini.

Rockets memanfaatkan itu untuk memimpin 76-60 di kuarter tiga.

Di kuarter empat, Paul menunjukkan kepiawaiannya dalam bertahan dan mengatur serangan. Ia berhasil mencuri bola dua kali dan membuat pemain Rockets lainnya melesakkan dua kali tripoin yang membuat mereka unggul 88-65. Warriors pun terpaksa mengambil jeda meski pertandingan baru berjalan 3,5 menit.

Setelah jeda, Steve Kerr tidak memasang pemain starter. Ia mencoba peruntungan dengan hanya memainkan para cadangan untuk melawan Rockets yang sedang panas. Namun, keputusan itu tidak juga membuat permainan mereka menjadi beda. Rockets tetap mampu menjaga asa dan memenangkan pertandingan BERAPA.

Selanjutnya, Rockets (7-7) akan tetap di Houston untuk menghadapi Sacramento Kings lusa. Warriors (12-4), di sisi lain, mesti melanjutkan perjalanan ke Dallas untuk bertemu Mavericks di saat yang sama.

Foto: NBA

Komentar