IBL

Menghadapi mantan tim akan selalu membawa perasaan berbeda. Kenangan-kenangan masa lalu bisa bermunculan kembali. "Kepulangan" LeBron James ke Cleveland Cavaliers selalu menjadi bahan cerita menarik. Saking menariknya, LeBron James seolah tak ingin melewati momen-momen tersebut tanpa "menandainya" dengan sepatu-sepatu dengan tema-tema tertentu.

Berikut adalah tiga sepatu dengan tema khusus yang pernah dikenakan LeBron James ketika bermain di Cleveland, bukan sebagai pemain Cavaliers. 

 

Nike Air Max LeBron 7 “More Than A Game” (2018)

Sepatu ini mengingatkan kita pada film bertema basket berjudul sama garapan rumah produksi Lionsgate. Film “More Than A Game” adalah film dokumenter perjalanan LeBron bersama empat sahabatnya saat merintis karir basket semasa sekolah. Mereka adalah Romeo Travis, Sian Cotton, Willie McGee, dan Dru Joyce III. Turut tampil pula Dru Joyce II selaku pelatih. Di film itu, kelimanya berperan sebagai dalang dibalik prestasi membanggakan tim basket SMA St. Vincent-St. Mary era 2000-an.

Film ini terbilang sukses. Akting LeBron dan sahabatnya dipuji banyak pihak. Wajar bila kemudian situs penilaian film IMDb menghadiahi film "More Than A Game" dengan nilai 7.7 dari 10. Selain itu, kecintaan LeBron akan dunia akting pun bermula dari sini. Dasar bisnisnya di bidang perfilman dimulai setelah melihat langsung bagaimana produksi film ini berjalan. Kini, ia menjalankan bisnis sampingan rumah produksi bernama Springhill Entertainment.

Kepopuleran sepatu ini tak lepas dari Nike dan Lionsgate yang meramu strategi promosi apik. Mereka mengadakan tur ke 10 kota besar dunia. Di setiap kota, Nike memproduksi Air Max 7 “More Than A Game” sebanyak 123 pasang dengan motif yang berbeda-beda. Saat pertandingan menghadapi Cavs, LeBron mengenakan edisi khusus Kota Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Nike LeBron 16 “Jim Brown” (2009)

Majalah Sports Illustrated acap menerbitkan edisi khusus atlet terbaik dari setiap kota di Negeri Paman Sam. Jim Brown dan LeBron James pernah tampil mewakili Kota Cleveland untuk edisi spesial yang terbit pada 22 November 2007. Ia merasa tersanjung, sangat menghormati Jim Brown serta bangga bisa bersanding di sampul majalah olahraga itu bersama sang legenda. Alhasil, pemakaian sepatu ini jadi simbol penyampaian apa yang dirasakan saat majalah ini tayang tepat 11 tahun lalu.

Detail sepatu ini pun mencantumkan nomor seragam keduanya yang disematkan di bagian tumit. Tumit sepatu kiri mencantumkan nomor 32 merepresentasikan Jim Brown. Sementara nomor 23 yang merupakan nomor punggung LeBron tersemat di tumit sepatu kanan. Pada bagian sol dalam (insole), tersemat angka 1936 melambangkan tahun lahir Brown dan 1984 sebagai tanggal lahir LeBron. informasi ini diunggah pemain melalui fitur stories di platform Instagram.

Sosok Jim Brown punya tempat tersendiri bagi masyarakat Kota Cleveland. Ia bermain Sepak Bola Amerika (American Football) untuk tim Cleveland Browns dari 1957-1965. Namanya di kancah NFL level kampus dan nasional tidak perlu dipertanyakan lagi. Puncaknya, nomor seragamnya di Syracuse dipensiunkan, begitu pula nomor seragamnya di tim profesional. Brown pun masih memegang tiga rekor NFL yang belum terpecahkan hingga kini serta dua kali masuk jajaran Hall of Fame.

 

Nike Air Max LeBron 8 P.S “South Beach” PE (2011)

Sang Raja pernah mengenakan sepatu ini dalam laga amal bertajuk NBA ProAM AllStars pada 25 September 2011. Kala itu, ia satu tim dengan Charmelo Anthony dan Chris Paul. Banyak yang menganggap sepatu ini merupakan edisi permulaan dari Air Max LeBron 8 P.S “South Beach” yang kini jadi buruan para kolektor.

Sayangnya, ia hanya mengenakannya pada sesi pemananasan pertandingan. Sepatu ini tidak pernah lagi dipakai LeBron sejak pertandingan pra musim 2011-2012 tersebut. Wajar bila kemudian pamornya kalah dengan edisi “South Beach” yang berwarna nyaris serupa. (ajb)

Foto: Bleacher Report, SLAM, USA Today, Arsip Daring Sports Illustrated

Komentar