IBL

Sebanyak 18 tim basket putra dan putri tingkat SMA siap berlaga di kejuaraan tingkat nasional memperebutkan Piala Kadispora 2018. Turnamen ini berlangsung di GOR Ngurah Rai, Denpasar, Bali mulai 22 hingga 28 Oktober 2018. Selain dari kawasan Pulau Dewata, peserta turnamen ini juga datang dari pulau Jawa. Mereka adalah SMK 1 Bina Bakti Bandung dan SMA Kesuma Mataram dan SKO Ragunan Jakarta.

"Kepada seluruh peserta saya ucapkan selamat bertanding. Silahkan berkompetisi di lapangan, namun tetap menjaga sportivitas dan persaudaraan. All Stars Winners (ASW) selaku penyelenggara dan Dispora Provinsi Bali ingin melihat sekaligus mencari bibit-bibit pemain basket dari Bali," ujar Ali Santoso Wibowo, pendiri ASW yang juga mantan pemain basket Bali di era 80-an.

Pelatih SMA Negeri 1 Denpasar, IGN Rusta Wijaya, menyambut baik Piala Kadispora 2018. Mantan pemain Pelita Jaya tersebut merasa perlu digelar kompetisi antarpelajar secara rutin di Provinsi Bali. Kejuaraan seperti ini berguna sebagai persiapan pemain Bali untuk diturunkan pada kejuaraan tingkat nasional seperti PON.

"Untuk Piala Kadispora tahun ini, saya sebagai pelatih Smansa memberi apresiasi. Mungkin tahun pertama ini hanya beberapa tim dari luar Bali. Semoga turnamen ini menjadi agenda tahunan yang bisa mengundang team sekolah dari luar Bali. Tim-tim dari luar bisa menjadi lawan tanding sekaligus mengukur perkembangan pembinaan basket di Bali," ujar pelatih yang sudah membawa Smansa juara DBL Bali dua musim berturut-turut.

Melengkapi gelaran ini, panitia juga melombakan kategori Sekolah Dasar yang diikuti oleh SD Cipta Dharma, SD Saraswati 2, SD Saraswati 3, SD Bali Public School. Selain itu juga akan diberikan hadiah untuk suporter terbaik selama Piala Kadispora 2018 berlangsung.

"Prestasi itu terbentuk dari kompetisi yang berjalan dengan baik dan konsisten. Kejuaraaan ini akan kami jadikan sebagai ajang seleksi pemain Pra Kualifikasi PON untuk Provinsi Bali. Tahun depan kami ingin menggelar mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. Mereka nantinya adalah penerus kami di generasi selanjutnya," papar Cokorda Raka Satrya Wibawa, staff Dispora Provinsi Bali yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Piala Kadispora 2018.(*)

Foto: Dokumentari Piala Kadispora 2018

Komentar