IBL

Musim ini bisa jadi sejarah baru di NBA. Peraturan yang sedang jadi buah bibir adalah tentang penghapusan peraturan warna sepatu. Lewat peraturan ini, pemain bebas menggunakan sepatu berwarna apapun saat membela timnya. Hal itu terlihat dari sepatu baru LeBron James di pertandingan pertamanya bersama Lakers musim ini.

Beberapa bulan sebelumnya, Nike sudah mengumumkan perilisan sepatu khusus LeBron James edis ke-16. Sepatu tersebut mendapat beberapa perubahan untuk memenuhi permintaan sang pemain. Kali ini, nama “King” dipilih sebagai nama sepatu yang LeBron pakai tanding. Merah marun yang serupa dengan warna seragam Cleveland Cavaliers adalah warna utama dengan detail motif kulit singa di bagian tumit. Meski demikian, tidak ada korelasi yang disampaikan LeBron tentang korelasi sepatu barunya dengan Cavs.

Iklan Nike Air Zoom Generation yang dibintangi LeBron James tahun 2003.

Pemilihan detail kulit singa itu pun bukan tanpa alasan. Nike mengambil detail itu dari iklan Nike Air Zoom Generation yang dibintangi LeBron ketika masih berstatus ruki. Poster bergambar LeBron mengenakan Nike Air Zoom Generation tersemat di bagian sol dalam (insole).

Sepatu ini jadi bentuk penghormatan terhadap posisi forwarda dalam formasi basket. Nantinya, Nike akan merilis edisi khusus bernama Nike LeBron 16 “1 Thru 5” yang berisi lima warna spesial LeBron 16 yang mewakili kelima posisi dalam basket.

Malam pembukaan NBA musim 2018-2019 sudah diwarnai pagelaran sepatu-sepatu dari para pemain. Masih ada satu musim lagi bagi mereka untuk berekspresi lewat sepatu yang dipakai. Lebih dari itu, ini jadi kesempatan emas merek-merek kenamaan dunia yang bergelut di sana untuk merumuskan sepatu terbaik mereka demi meraih atensi terbesar lewat NBA.

Foto: Nike, Sneaker Bar Detroit

Komentar