ABL

Atlanta Hawks menjamu San Antonio Spurs di McCamish Pavilion, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat pada Rabu, 10 Oktober 2018 waktu setempat. Pada kesempatan itu, Hawks berhasil memenangkan pertandingan pramusim NBA dengan skor 130-127. Pertandingan berlangsung ketat dengan intensitas skor tinggi. Kedua tim mampu mencetak angka lebih dari 100.

Di kubu Hawks, forwarda Taurean Prince menjadi pencetak angka terbanyak dengan 25 poin. Ruki (rookie) Trae Young kemudian menyumbang 22 poin dengan memasukkan sedikitnya 4 dari 8 percobaan tripoin dan tembakan terakhir yang memenangkan pertandingan di sisa 02,2 detik.

Sementara itu, senter baru Alex Len membukukan dobel-dobel 16 poin dan 10 rebound ketika Kent Bazemore mencetak 15 poin.

Hawks juga mendapat bantuan berarti dari bangku cadangan. DeAndre' Bembry, Alex Poythress, dan Jeremy Lin masing-masing mencetak 14, 12, dan 10 poin. Itu artinya, ada tujuh pemain Hawks yang mencetak dobel digit angka. Tidak heran jika mereka membekuk Spurs dengan skor lebih dari 100.

Kendati demikian, Spurs bukan tampil tanpa perlawanan. Kepala Pelatih Gregg Popovich memainkan para andalan meski garda utama Dejounte Murray, yang divonis cedera lutut Senin lalu, harus absen di pertandingan ini. Derrick White, garda muda berusia 24 tahun, lalu menggantikan perannya sebagai tangan kanan pelatih. Selain itu, ada pula pemain-pemain bintang seperti DeMar DeRozan, Pau Gasol, dan Rudy Gay di barisan pemain utama.

Dengan barisan pemain seperti itu, Spurs sebenarnya unggul 64-62 di paruh pertama. Hawks baru bisa unggul di kuarter tiga setelah mencetak 10 poin lebih banyak di kuarter tersebut (38-28). Perolehan itu mereka dapat dari berbagai sisi, termasuk tripoin Trae Young dan Kent Bazemore dan permainan bawah ring Alex Poythress.

Intensitas poin tetap tinggi di kuarter terakhir. Hawks mencetak sedikitnya 58,3 persen tembakan mereka di pertandingan itu. Spurs, di sisi lain, juga berhasil memasukkan lebih dari setengah tembakan mereka (55,2 persen). Rudy Gay menjadi pencetak poin terbanyak dengan 26 poin sementara Bryn Forbes dari bangku cadangan menyumbang 22 poin untuk klub asal Texas tersebut. Akan tetapi, persentase tripoin Hawks ternyata lebih unggul (41,2 persen) dari Spurs yang hanya 38,7 persen sehingga mereka bisa memenangkan pertandingan dengan selisih tiga angka.

Selisih tiga angka itu didapat dari tembakan terakhir Trae Young yang dilepas dari hampir setengah lapangan di saat genting. Kala itu, waktu tinggal beberapa detik lagi, Hawks bisa saja membiarkan pertandingan melaju ke babak tambahan, tetapi Young tidak berpikir demikian. Ia melepas tembakan terakhir dengan memanfaatkan kelengahan Bryn Forbes yang memberinya ruang. Padahal Forbes mestinya tahu, Sang Ruki memiliki jarak tembak yang cukup jauh selama ini, dan itu terbukti hari ini. Keputusan Forbes menjaga jarak pun berbuah petaka.

Young memenangkan Hawks 130-127.

Dengan kemenangan ini, selanjutnya, Hawks akan melawat ke AmericanAirlines Arena untuk menghadapi Miami Heat dua hari lagi. Sementara itu, Spurs akan bertemu dengan Orlando Magic di hari yang sama.

Foto: NBA.com  

Komentar