IBL

FIBA World Cup 2019 African Qualifiers Jendela Keempat sudah selesai. Dua tim benua Afrika tampil perkasa. Dari jendela satu hingga empat, mereka belum tersentuh kekalahan. Dua tim tersebut adalah Tunisia dan Nigeria.

FIBA World Cup 2019 African Qualifiers kurang lebih sama seperti Asian Qualifiers. Sebelum melaju ke babak utama, 16 tim lebih dulu bertarung di First Round yang terdiri dari tiga jendela pertandingan. Kemudian di Second Round juga ada tiga jendela pertandingan. Hanya saja yang membedakan dengan Zona Asia adalah jumlah tim yang lolos ke babak utama. Untuk Zona Afrika hanya lima tim yang akan tampil di Cina.

Berikut bagan pertandingan untuk African Qualifiers:

Di Zona Afrika, jendela keempat sudah berlangsung 14 hingga 16 September 2018. 12 tim dibagi menjadi dua grup. Grup E berisi Tunisia, Angola, Kamerun, Mesir, Maroko dan Chad. Kemudian di Grup F ada Nigeria, Senegal, Central African Republik, Pantai Gading, Rwanda dan Mali.

Di zona Afrika ini, kekuatan dua negara memang mendominasi. Tunisia menguasai Grup E, sedangkan Nigeria menjadi penguasa Grup F. Sebab hingga jendela keempat ini, kedua negara masih belum menerima kekalahan dari sembilan pertandingan.

Tunisia menang tiga pertandingan di jendela keempat ini. Mereka menundukkan Maroko dengan skor 65-50. Setelah itu Tunisa menang 69-47 atas Mesir dan di laga ketiga Tunisia mengalahkan Angola dengan skor 84-64. Sapu bersih di jendela keempat membuat mereka mengumpulkan total sembilan kemenangan selama kualifikasi Piala Dunia. Menariknya, justru Tunisia mengandalkan garda muda berusia 25 tahun, Omar Abada. Sejauh ini ia sudah mengoleksi 14,5 poin dan 3,8 asis dalam delapan pertandingan.

Nigeria lebih perkasa lagi. Di pertandingan pertama Jendela Keempat, Nigeria menang 84-73 atas Pantai Gading. Lalu di pertandingan kedua, mereka menghajar Central African Republic dengan skor telak 114-69. Di laga ketiga, Nigeria menaklukkan Senegal 89-61. Forwarda berpengalaman Ike Diogu jadi kuncinya. Pemain berusia 35 tahun dengan tinggi 2,04 meter tersebut mengoleksi 16,0 poin, 6,1 rebound dan 1,8 asis per pertandingan.

Berikut klasemen sementara FIBA World Cup 2019 African Qualifiers Jendela Keempat:

Jendela kelima kualifikasi zona Afrika akan berlangsung 30 November hingga 2 Desember 2018 mendatang. Di akhir babak kualifikasi, dua tim teratas dari masing-masing grup akan masuk ke babak utama. Lalu satu tim lain yang lolos yaitu peringkat ketiga terbaik dari dua grup tersebut.(*)

Foto dan Video: fiba.com

Komentar