IBL

Sama seperti klub NBA lainnya, Minnesota Timberwolves kini tengah membenahi tim untuk menyambut NBA 2018-2019. Beberapa waktu lalu, mereka baru saja mendapat tambahan amunisi bernama Luol Deng yang “dibuang” Los Angeles Lakers. Namun, belakangan, mereka justru harus menghadapi rumor lain: Jimmy Butler, forwarda andalan mereka, dilema antara menetap atau pindah.

Sehubungan dengan itu, Butler rencananya akan bertemu dengan Kepala Pelatih Tim Thibodeau dan Manajer Umum Scott Layden. Mereka akan bertemu Senin nanti untuk membicarakan masa depannya sekaligus konfrontasinya dengan rekan setim, Karl-Anthony Towns. Apalagi Butler juga semakin serius untuk memikirkan ulang karirnya di Minnesota setelah bermain satu musim di sana.

Pada 2017-2018,  Butler bermain sebanyak 59 kali di musim reguler. Ia harus menepi di pertengahan kompetisi karena mengalami cedera, tetapi berhasil kembali ketika playoff. Selama semusim itu, ia rata-rata mencetak 22,2 poin, 5,3 rebound, dan 4,9 asis per pertandingan.

Kontrak Butler sendiri akan habis musim depan. Ia akan menjadi pemain bebas (free agent) pada musim panas 2019 bersama nama-nama beken, seperti: Kyrie Irving (Boston Celtics), Kawhi Leonard (Toronto Raptors), Kevin Durant, Klay Thompson dan DeMarcus Cousins (Golden State Warriors). Sama seperti segelintir pemain papan atas itu, Butler akan menjadi rebutan klub-klub NBA bila waktunya tiba.  

Hingga saat ini, Butler bahkan sudah dikaitkan dengan beberapa klub. Sean Highkin, Bleacher Report, misalnya, membuat lima opsi pelabuhan terbaik jika sang pemain memang benar-benar berniat pindah.

Pertama, ia mengaitkannya dengan New York Knicks yang ingin kembali ke playoff. Apalagi klub itu juga akan punya cukup ruang untuk merekrut sang pemain ketika mereka berhasil melepas senter mahal Joakim Noah. Namun, Knicks boleh jadi harus melepas pemain veteran Courtney Lee dan garda muda Frank Ntilikina ke Timberwolves.

Kedua, Highkin mengaitkan Butler dengan Lakers yang musim panas ini merombak tim besar-besaran. Mereka bisa saja melakukan pertukaran dengan skema: Lakers mendapatkan Jimmy Butler dan Timberwolves menerima Kyle Kuzma, Josh Hart, juga Kentavious Caldwell-Pope.

Selain kedua tim di atas, Highkin menulis potensi pertukaran lain. Butler, katanya, bisa saja pindah Philadelphia 76ers, Denver Nuggets, atau Phoenix Suns. Namun, sebelum ia melakukan pertemuan Senin, potensi pertukaran itu tentu saja belum akan terjadi. Para penggemar Timberwolves masih bisa berharap Butler tetap di Minnesota—setidaknya sampai musim panas nanti.

Foto: NBA.com

Komentar