IBL

Di masa persiapan jelang ASEAN Basketball League (ABL) 2018-2019, CLS Knights Indonesia mengikuti Malaysia Hoops Challenge, 12-16 September 2018. CLS Knights berangkat dengan 10 pemain lokal, tanpa pemain asing. Namun jelang keberangkatan, ternyata ada satu pemain yang ditambahkan yaitu Jan Misael Panagan. Garda muda itu dinyatakan sudah sembuh dari cedera ACL.

Jan bergabung dengan CLS Knights, pada bulan Oktober 2016 lalu. Tepatnya setelah ia mendapatkan medali emas di Pekan Olahraga Nasional PON 2016 di Jawa Barat. Jan tercatat sebagai pemain yang pernah meraih dua medali emas PON. Di musim perdananya sebagai ruki, Jan mencetak 0,5 asis dan 0,2 rebound per pertandingan di IBL 2016-2017. Kemudian CLS Knights memutuskan pindah ke ABL.

Pada saat persiapan ABL musim lalu, tepatnya pada 8 Desember 2017, Jan mendapatkan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL). Akhirnya cedera itu memaksa Jan tidak bisa merasakan tampil di ABL. Jan naik meja operasi pada 4 Februari 2018 lalu. Jadi sudah genap tujuh bulan untuk masa penyembuhannya.

"Kami menambah satu pemain untuk Malaysia Hoops Challenge yaitu Jan Misael Panagan," kata Manajer CLS Knights, Hendry Lianda. "Perkembangan pemulihan cederanya bagus dan lumayan cepat. Dia sudah menjalani Hop Test dan hasilnya bagus. Selain itu di latihan, dia menunjukkan kontribusi yang luar biasa. Oleh karena itu, Jan sudah dinyatakan sembuh dan bisa bergabung dengan tim."

Seperti diberitakan mainbasket.com sebelumnya, CLS Knights mendapat undangan dari pihak Negeri Sembilan Basketball Association (NSBA) sebagai penyelenggara. Selain CLS Knights, peserta turnamen ini adalah Malaysia Matrix selaku tuan rumah, lalu Red Baron Malaysia, Westports Malaysia Dragons, Singapore Adroit Sports Association dan terakhir ada Western Australia SBL All Stars. Sistem pertandingan yang digunakan adalah round-robin.

Pemain yang dibawa ke Malaysia adalah Rodmundus Ottu Ray, Anak Agung Ngurah Wisnu, Ikram Fadhil, Rachmad Febri Utomo, Arif Hidayat, Kaleb Ramot Gemilang, Firman Dwi Nugroho, Katon Adjie Baskoro, Moh. Saroni, Bima Riski Ardiansyah dan terakhir Jan Misael Panagan.(*)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar