IBL

Kabar bahagia menghampiri seluruh jajaran Dallas Mavericks dan para pemujanya. Bintang sekaligus legenda, Dirk Nowitzki, sudah mulai berlatih normal bersama tim. Dikabarkan Sports Day, Nowitzki sudah mengikuti latih tanding tim (scrimmage) bersama rekan setim lainnya. Hal itu merupakan kali pertama Nowitzki mengikuti scrimmage sejak menjalani operasi cedera engkel pada bulan April lalu.

Nowitzki harus naik meja operasi pada 5 April 2018. Cedera itu memaksanya melewatkan empat pertandingan terakhir Mavericks musim lalu. Dalam prosesnya, Nowitzki dan Mavericks memutuskan untuk melakukan rehabilitasi secara perlahan namun pasti. Mengingat usia Nowitzki yang sudah mencapai 40 tahun, memaksa rehabilitasi cepat bukanlah hal yang baik.

Kembalinya pemain berkebangsaan Jerman ini dalam scrimmage membuat Kepala Pelatih Mavericks, Rick Carlisle yakin sang pemain akan mengikuti pemusatan latihan pada 21 September. Namun, Carlisle belum berpikir jauh mengenai peran Nowitzki musim depan. Beberapa media basket Amerika Serikat memberitakan kemungkinan Nowitzki akan berperan sebagai cadangan (sixthman) musim depan. Kepada Sports Day, pelatih berusia 58 tahun tersebut mendaku masih ingin fokus ke proses rehabilitasi fisik Sang Legenda.

“Saya belum ingin membicarakan tentang kemungkinan-kemungkinan peran musim depan. Tapi proses rehabilitasi Nowitzki terus berjalan hingga kita berbicara. Dia (Nowitzki) terus membaik, ia mulai mengikuti scrimmage hari ini dan siap menatap pemusatan latihan.”

Sebagai top skor keenam sepanjang masa NBA, Nowitzki akan menjalani musim ke-20 di NBA musim depan. Musim lalu, ia masih mampu bermain 77 laga dengan rataan 12 poin dan 5,7 rebound per laga dengan akurasi tripoin mencapai 40,9 persen. Secara permainan dan kemampuan fisik, Nowitzki memang sudah sangat berbeda dari masa ia menjadi Most Valuable Player (MVP) tahun 2007 dan saat Mavericks merengkuh gelar juara di 2011. Nowitzki kini lebih banyak berperan sebagai fasilitator rekan-rekannya dengan melakukan banyak sekali tembok (screen).

Menarik menunggu bagaimana Nowitzki bermain musim depan bersama dengan sederet pemain baru Mavericks. Selain ruki, Luka Doncic, Mavericks juga telah mengikat senter Los Angeles Clippers, Deandre Jordan. Kehadiran Jordan dapat menjadi sinyal awal Carlisle mengurangi porsi bermain Nowitzki.

Foto: NBA

 

Komentar