IBL

Gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang sudah berakhir. Cina berhasil memboyong gelar medali emas di kategori putra dan putri. Tetapi beberapa negara di Asia tidak boleh larut dalam euforia Asian Games yang sudah berlalu. Mereka harus bersiap menghadapi turnamen yang lebih besar yaitu Piala Dunia Basket.

Untuk tim putra, FIBA World Cup 2019 Asian Qualifiers sudah memasuki ronde kedua. Kali ini dibagi menjadi tiga jendela. Jendela pertama akan dimulai pada 13 September 2018 mendatang. Lalu selanjutnya dimainkan pada bulan November 2018 dan Februari 2019. Pesertanya adalah 12 tim terbaik yang disaring dari 16 tim di ronde pertama.

Dari 12 peserta ada tujuh negara yang merupakan peserta Asian Games 2018. Mereka adalah Korea Selatan, Cina, Filipina, Jepang, Iran, Syria dan Qatar. Sisanya bukan peserta Asian Games yaitu Yordania, Lebanon, Selandia Baru, Australia dan Kazakstan.

Ronde kedua ini akan dibagi menjadi dua grup. Berikut pembagian grup di ronde kedua, sekaligus hasil dari kualifikasi ronde pertama. Tiga tim peringkat teratas di ronder kedua akan melaju ke babak utama. Menariknya, tim yang berada di peringkat keempat punya kesempatan untuk dapat tiket ke World Cup berstatus sebagai tim keempat terbaik.

Babak utama FIBA World Cup 2019 akan berlangsung di Cina pada 31 Agustus hingga 15 September 2019. Sementara itu, di tahun 2023 nanti dipastikan tiga negara akan menjadi tuan rumah gelaran tersebut, yaitu Indonesia, Jepang dan Filipina.

Di sektor putri juga tak kalah seru. 18 hari lagi atau tepatnya 22 hingga 30 September nanti berlangsung FIBA Women's Basketball World Cup 2018 di Tenerife-Spanyol. Turnamen akbar ini diikuti oleh 16 negara peserta. Berikut negara sekaligus pembagian grup di babak penyisihan:

Grup A: Korea Selatan, Yunani, Kanada, Perancis
Grup B: Australia, Turkey, Argentina, Nigeria
Grup C: Jepang, Puerto Rico, Belgia, Spanyol
Grup D: Cina, Latvia, Amerika Serikat, Senegal

Ada tiga negara yang sempat mengikuti Asian Games 2018, yaitu Korea Selatan, Jepang dan Cina. Namun beban mereka kali ini lebih berat. Cina sebagai juara Asian Games 2018 berada satu grup dengan Amerika Serikat. Lalu Jepang ada di grup C bersama tuan rumah Spanyol. Sedangkan Korea Selatan akan berhadapan dengan Perancis, Kanada dan Yunani.

FIBA Women's Basketball World Cup sudah berlangsung sejak 1953. Setiap empat tahun sekali, kejuaraan ini mempertemukan 16 tim terbaik dari empat wilayah FIBA yaitu Afrika, Amerika, Asia dan Eropa. Dari 17 edisi kejuaraan ini, Amerika Serikat mengumpulkan sembilan gelar. Kemudian Uni Soviet mendapatkan enam gelar, lalu Australia dan Brazil pernah menjadi juara sekali.

Edisi ke-17 kejuaraan ini berlangsung di Ankara, Istanbul, Turki pada tahun 2014. Amerika Serikat berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Spanyol di babak final. Untuk edisi ke-18 kali ini, Amerika Serikat masih menjadi favorit juara. Meski begitu tim-tim seperti Cina, Spanyol dan Australia siap menumbangkan dominasi Amerika Serikat.(*)

Foto: fiba.com

Komentar