IBL

Manu Ginobili, garda Spurs, telah memberikan banyak hal kepada San Antonio selama 16 musim karirnya di NBA. Ia telah membawa empat kali gelar juara pulang ke kota itu dengan prestasi lain yang tidak kalah membanggakan. Oleh karena itu, Walikota Ron Nirenberg menetapkan 30 Agustus sebagai Hari Manu Ginobili (Manu Ginobili Day).

Nirenberg mengatakannya sendiri melalui Twitter:

“Kamis ini, marilah kita menghormati pemain yang mencontohkan ketabahan, sportivitas, dan kegembiraan dalam permainan (bola basket) ini. Bergabunglah, para pecinta olahraga.”

Di akhir kalimat, Nirenberg juga membubuhkan tagar #ManuGinobiliDay lengkap dengan foto Ginobili yang telah direka bentuk.

Kabar ini datang kemarin, ketika Ginobili mengumumkan dirinya pensiun setelah melewati 16 tahun bersama Spurs di NBA. Ginobili, 41 tahun, bagaimanapun telah memberikan banyak hal kepada San Antonio dan timnya ini. Ia rata-rata mencetak 13,3 poin, 3,8 asis, dan 3,5 rebound per pertandingan. Dengan catatan itu, ditambah prestasi-prestasinya, tinggal menunggu waktu sampai ia masuk ke jajaran Naismith Memorial of Basketball Hall of Fame.

Secara global, menurut Komisioner NBA Adam Silver, Ginobili juga membantu mereka mengenalkan basket ke seluruh dunia. Kiprah Ginobili telah menginspirasi banyak orang di dunia, terutama di Eropa karena ia sebelumnya bermain di sana. Itu belum dihitung dengan tempat kelahiran Ginobili di Argentina. Lionel Messi, pesepak bola kelas dunia sekaligus penyerang FC Barcelona dan kapten tim nasional Argentina, saja sampai menyebut dirinya sebagai Manu Ginobili sepak bola.

“Seorang juara NBA dan All-Star, Manu Ginobili juga merupakan perintis yang membantu mengenal NBA secara global," kata Silver, seperti dikutip Bleacher Report. "Dia adalah salah satu duta besar basket yang percaya pada kekuatan olahraga untuk mengubah kehidupan. Dan selama 16 tahun, kami beruntung menyaksikan sang legenda berkompetisi di level tertinggi. Terima kasih, Manu, untuk karir yang menginspirasi jutaan orang seluruh dunia."

Selain Silver, sebenarnya ada banyak orang mengucapkan rasa terima kasih dan dukungannya kepada Ginobili. Kini, dengan adanya Hari Ginobili di San Antonio, orang-orang akan semakin banyak lagi merayakan kehebatannya. Bagaimanapun, seperti Silver bilang, Ginobili telah menjadi perintis yang mengenalkan basket secara luas sehingga orang-orang mau datang menontonnya.   

Foto: NBA.com

Komentar