IBL

Kontingen Indonesia akan mengemban tugas untuk berlaga di Asian Games 2018 Jakarta – Palembang. Upacara pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Jakarta – Palembang yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, serta Chef de Mission, Komjen Pol Drs. Syafruddin.

Ada 350 atlet Indonesia yang menjadi perwakilan dari berbagai cabang olah raga, dikukuhkan melalui upacara sakral di Istora Senayan, Jakarta. Prosesi terpenting dalam upacara tersebut adalah seluruh atlet dan ofisial, satu per satu mencium bendera merah putih. Sebuah prosesi yang jelas mengundang rasa haru bagi para tamu dan undangan yang turut hadir. Turut terlihat dalam barisan atlet naturalisasi di cabang olah raga basket, Jamarr Andre Johnson, yang pernah meraih medali perak di ajang SEABA 2017 dan Filipina dan SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Jumlah atlet Indonesia di Asian Games 2018 lebih banyak dibandingkan dengan atlet yang pernah tampil di Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan. Pada turnamen empat tahun lalu, Indonesia mengirimkan 188 atlet. Namun kali ini, ada 938 atlet yang bertanding di 40 cabang olahraga. Bila ditambah dengan manajemen, pelatih dan tenaga pendukung, maka total kontingen Indonesia yaitu 1.383 orang. Pada Asian Games 2014 lalu, Indonesia bertengger di peringkat ke-17 setelah mendulang empat medali emas, lima medali perak, dan 11 medali perunggu.

“Pengukuhan dan pelepasan kontingen Indonesia merupakan peristiwa yang sakral bukan hanya bagi atlet-atlet kita, namun juga bagi seluruh elemen bangsa. Setiap tarikan nafas dan cucuran peluh para atlet merupakan usaha keras seluruh masyarakat Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa dan mengangkat merah putih lebih tinggi di hadapan bangsa-bangsa di Asia,” ucap Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, yang juga mengaku akan berjuang meraih peringkat 10 besar, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Upacara ditutup dengan sebuah kejutan dari seluruh atlet dan ofisial yang dikukuhkan. Para atlet bernyanyi dan melakukan gerak tari yang diiringi oleh lagu Meraih Bintang, salah satu Official Theme Song Asian Games 2018 yang dinyanyikan oleh Via Vallen. Bahkan Menko Puan dan Menpora pun turut masuk dalam barisan untuk menari bersama para atlet. Aksi ini jelas mengundang senyum dan gelak tawa para undangan yang hadir, namun pada saat yang bersamaan, turut membakar semangat para atlet. “Raih peringkat 10 besar bukanlah sebuah target yang mudah untuk dicapai, namun membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Ini adalah misi bangsa, mari kita dukung seluruh atlet kita yang berjuang,” tutup Erick.(*)

Sumber berita dan foto: Media PR Indonesia Asian Games Organising Committee (INASGOC)

Komentar