IBL

Stapac Jakarta membungkus kemenangan pertama pada lanjutan Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Setelah dua kekalahan beruntun, Stapac bisa bangkit dan mengalahkan Garuda Bandung dengan margin 37 poin (75-38), Senin, 9 Juli 2018.

Stapac dominan di sepanjang pertandingan. Mereka unggul 19-3 di kuarter pertama. Kemudian jarak poin melebar 32-15 saat jeda pertandingan.

"Kalau saya bilang, pemain sudah berusaha maksimal, tetapi di kuarter pertama, mereka masih menggunakan cara bermain lama untuk bisa menang. Mereka percaya cara itu bisa membuatnya menang, tapi lawan yang kami hadapi Stapac. Tentu cara tersebut tidak akan berhasil," kata Asisten Pelatih Garuda, Jerry Lolowang.

Di babak pertama, Garuda mempercayakan bola kepada Januar Kuntara, Raymond Shariputra dan Rionny Rahangmetan. Cara itu dipercaya pemain bisa menghasilkan poin. Tetapi justru mereka salah, karena Stapac bisa dengan mudah membaca permainan sekaligus membuat Garuda melakukan kesalahan turn over.

Hingga kuarter kedua, Garuda melakukan 14 kali turn over. Sedangkan Stapac mendapatkan keuntungan 14 poin memanfaatkan kesalahan yang dibuat pemain-pemain Garuda tersebut.

Di babak kedua, Stapac mampu mendapatkan poin lebih banyak lewat akurasi tembakan tiga angka. Mereka memasukkan 11 tembakan tripoin. Dominique Nelson William memasukkan lima dari enam tembakan tiga angkanya di babak kedua. Dom total mencetak 24 poin, enam rebound, enam asis dan satu steal.

"Kami hanya bermain dengan sembilan pemain hari ini. Kami harus menghemat tenaga, karena harus bertanding enam hari berturut-turut. Itu bukan alasan, karena grafik permainan kami meningkat dari hari ke hari," komentar Kepala Pelatih Stapac, Antonius Joko Endratmo.

Stapac unggul di area lubang kunci dengan memasukkan 24 poin, sedangkan Garuda hanya mencetak 12 poin. Lalu di sisi pemain bangku cadangan, Stapac mendapatkan sumbangan 30 poin, sedangkan Garuda hanya 14 poin. Pada pertandingan ini, akurasi Garuda buruk, karena hanya 25 persen 13 dari 52 tembakan.

Pada pertandingan berikutnya, Selasa, 10 Juli 2018, Garuda akan berhadapan dengan Blackater Elite Filipina. Sementara itu, Stapac akan bertemu BBM Vikings Warriors Surabaya.(*)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar