IBL

Indonesian Basketball League (IBL) 2018 Seri VII Cirebon menampilkan dua klub papan atas dari divisi berbeda. Stapac Jakarta berkesempatan melawan Garuda Bandung di laga penutup hari kedua. Stapac berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 69-67 di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu 3 Februari 2018.

Kore White menjadi pencetak angka terbanyak Stapac dengan 20 poin dan tambahan 11 rebound. Dpminique Williams di tempat kedua dengan 19 poin. Sementara itu, Andakara Prastawa dan Vincent Kosasih jadi senjata lain dengan sumbangan masing-masing sembilan poin.

Di sisi lain, Garuda tampak garang dengan permainan duo asing mereka. Roderick Fleming dengan 21 poin dan 21 rebound. Gary Jacobs Jr. dengan 20 poin, 8 rebound, dan 5 asis. Kedua pemain ini menjadi tulang punggung tim meski para pemain lokal juga memberi bantuan berarti.

“Saya lihat Luthfianes Gunawan dan juga Luke Martinus cukup bagus,” ujar Andre Yuwadi, kepala pelatih Garuda. “Saya membutuhkan pemain yang bisa menjaga keseimbangan tim ketika bertahan maupun menyerang.”

Duel antarklub ini berlangsung sengit sejak awal. Stapac memang memimpin lebih dulu, tetapi Garuda selalu memberi jarak yang membuat mereka tidak menang mudah. Apalagi Jacobs, misalnya, bermain baik lewat tripoinnya. Sementara itu, Stapac justru buruk di belakang garis busur. Persentase tembakan tripoin mereka hanya 21,1.

Kendati begtu, Stapac justru cukup baik bermain di area bawah ring. Menurut Asisten Pelatih Antonius Ferry Rinaldo, anak-anak asuhnya tahu bagaimana harus menembak. Ketika mereka tampak sulit melepaskan tripoin, mental eksekusi mereka berubah ke tembakan-tembakan dua angka.

“Dom (Williams), misalnya, hanya 2 dari 7 tripoin,” jelas Rinaldo, “tapi dua angkanya 4 dari 8. Itu 50 persennya.”

Selain itu, Stapac juga berhasil memanfaatkan peran pemain-pemain besar mereka. Kore White dkk. setidaknya berhasil mendulang 40 poin dari sana. Mereka pun berhasil memenangkan laga karena Garuda cukup kesulitan di area bawah ring.

Selanjutnya, Stapac bakal menghadapi Pacific Caesar Surabaya. Sejauh ini mereka selalu kalah dari tim asal Surabaya itu. Di hari yang sama, Garuda bakal menantang tim peringkat atas Satria Muda Pertaminan Jakarta.  

Foto: Hari Purwanto

Komentar