IBL

Kepala Pelatih Geraldo Ramos memimpin klub Filipina Blackwater Elite mengalahkan bekas timnya, Stapac Jakarta, di Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Mereka menumbangkan Stapac dengan skor 92-86 di GOR Pacific Caesar, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 8 Juli 2018. Ini merupakan kemenangan kedua Bong Ramos—sapaan akrab sang pelatih—ketika memimpin Blackwater di turnamen tersebut.

Dalam pertandingan ini, Michael Di Gregorio kembali menjadi pencetak angka terbanyak Blackwater dengan 19 poin. John Paul Erram di tempat kedua dengan 15 poin. Paul Zamar, yang musim lalu bermain untuk Mono Vampire Thailand di ABL, menyumbang 12 poin, 7 rebound, dan 3 asis.

Stapac berusaha melawan lewat garda asing Dominique Williams. Ia mencetak 25 poin di pertandingan ini ketika rekannya, Widyanta Putra Teja, memberi 16 poin. Handri Satrya Santosa lalu menambahkan 14 poin.

Meski kalah, Stapac sebenarnya mampu mengimbangi lawan di kuarter pertama. Williams mencetak sembilan poin dengan akurasi 50 persen. Handri juga menyumbang delapan poin tanpa satu pun tembakan meleset. Akan tetapi, Erram dari Blackwater yang mencetak 11 poin mampu menyelamatkan timnya dari ketinggalan. Kedudukan pun imbang 23-23.

Blackwater baru meninggalkan Stapac di kuarter dua. Saat itu, Bong Ramos melakukan rotasi dengan—salah satunya—mengeluarkan Paul Zamar. Finalis ABL tersebut mencetak 7 dari total 12 poinnya di kuarter itu.

Upaya rotasi tampak semakin berhasil ketika para pemain pengganti Blackwater mencetak sedikitnya 25 poin dan memimpin 54-47 sebelum turun minum. Mereka lalu meninggalkan Stapac lagi di kuarter tiga dengan skor yang melebar (73-62). Mereka berhasil mengeksplorasi pertahanan Stapac dan mencetak poin dari dekat ring (total 38 poin di area kunci), terutama ketika Kore White di pertandingan ini hanya bermain selama 17,33 menit.

Stapac kembali melawan di kuarter empat lewat duet Williams dan Widyanta. Keduanya berhasil membuat Stapac unggul perolehan poin (24-19) di kuarter itu. Namun, Blackwater mampu menjaga asa mereka. Akumulasi poin selama pertandingan membuat klub asal Filipina itu tetap memimpin angka dan memenangkan pertandingan 92-86.  

Selanjutnya, Blackwater akan menghadapi Flying Wheel yang belum pernah menang sekalipun esok hari.

Foto: Dika Kawengian 

Komentar