IBL

Golden State Warriors baru saja merengkuh gelar ketiga mereka dalam empat musim terakhir pada Juni 2018 lalu. Namun, sederet gelar itu tidaklah cukup bagi mereka. Warriors masih ingin mengejar gelar lainnya. Hal itu tampak dari pergerakan mereka di musim panas ini.

Selain memperpanjang kontrak Kevin Durant, Warriors memberi kejutan dengan merekrut DeMarcus Cousins pada Senin, 2 Juli 2018 waktu setempat. Keduanya sepakat untuk bekerja sama dengan waktu satu tahun. Nilai kontraknya, menurut Adrian Wojnarowski, ESPN, mencapai AS$5,3 juta.

Dengan kehadirannya, Warriors akan segera memiliki lima All-Star 2017-2018. Cousins, senter, 27 tahun, bergabung dengan nama-nama, seperti: Stephen Curry, Klay Thompson, Kevin Durant, dan Draymond Green. Mereka bahkan pernah bermain bersama di tim nasional Amerika Serikat. Jadi, sebenarnya mereka sudah punya ikatan pertemanan.

Menurut laporan Shams Charania, Yahoo! Sports, ikatan itulah yang membuat Cousins melabuhkan pilihannya kepada Warriors. Green, misalnya, membantu memuluskan kesepakatan ini karena ia memiliki ikatan kuat dengan Cousins. Manajer Umum Bob Myers kemudian menghubungi sang pemain dengan melibatkan Kepala Pelatih Steve Kerr dan Durant. Mereka merayu Cousins untuk bersinar di Oakland.

Upaya itu pun membuahkan hasil. Cousins tertarik untuk membela klub yang bermarkas di Oracle Arena musim depan. Apalagi ia memang sudah meninggalkan klub lamanya, New Orleans Pelicans, setelah memutuskan tidak memperpanjang kontrak dan menjadi pemain bebas (free agent). Itu artinya, Cousins juga meninggalkan duetnya, Anthony Davis, di New Orleans. Padahal Pelicans masih ingin menggunakan jasanya.

Ketika menjadi pemain bebas, Cousins sebenarnya menjadi minat beberapa klub. Selain Pelicans, Dallas Mavericks dan Washington Wizards juga kabarnya tertarik. Ia bahkan dikaitkan dengan Los Angeles Lakers setelah LeBron James pindah ke California. Namun, kenyataannya, Cousins lebih memilih sisi lain California—tepatnya Oakland, California, tempat juara bertahan Golden State Warriors menetap.

Kini, tinggal menunggu saja bagaimana Kerr meramu skuat ini untuk menjuarai NBA tiga kali beruntun musim depan.

Foto: NBA

Komentar