IBL

IBL 2018-2019 dibuka dengan gelaran 3x3 Basketball Indonesia Tour yang akan dimulai bulan Juli mendatang. Ada tiga kota penyelenggaran yaitu Yogyakarta, Malang dan Jakarta. Turnamen ini diikuti oleh semua kontestan IBL. Penyelenggara mendaku bahwa ini akan menjadi liga 3x3 pertama di Indonesia.

3x3 Basketball Indonesia Tour melombakan beberapa kategori antara lain Kategori Umum, Putri, U-18 dan terakhir Kategori IBL. Khusus untuk Kategori IBL akan digelar seperti turnamen FIBA 3x3 Quest. Sebab, pemenangnya punya kesempatan untuk tampil di FIBA 3x3 World Tour Masters.

Anthony Gunawan, Kepala Sub-Bidang 3x3 Perbasi menuturkan bahwa turnamen ini bisa dikategorikan sebagai Quest, karena menjadi Road to World Tour Masters. Namun untuk format penyelenggaraannya bisa dikategorikan sebagai liga. Karena nanti akan ada playoff untuk menentukan pemenang. Tim juara berhak mewakili Indonesia di World Tour Chengdu, Cina, 29-30 September 2018.

Setiap tim IBL diperbolehkan mengirimkan satu atau dua tim, hingga bisa dibagi menjadi empat grup untuk babak penyisihan. Setiap tim berisi empat hingga enam pemain. Di babak penyisihan, mereka akan bertanding dengan sistem grup. Setelah itu dipilih delapan tim terbaik yang melaju ke perempat final dan menggunakan sistem gugur. Begitu seterusnya hingga diperoleh juara di setiap seri.

Kemudian setelah semua seri usai, akan dipilih delapan tim terbaik yang akan bertanding di babak playoff. Di fase tersebut, tim-tim ini akan berebut untuk mendapatkan tiket ke FIBA 3x3 World Tour.

"Kalau sistem pertandingan yang kami gunakan ini seperti Quest, karena ini bisa dikatakan sebagai Road to World Tour. Pemenangnya akan tampil di Chengdu. Dengan format berseri seperti ini, bisa dibilang ini liga 3x3 pertama di Indonesia," tutur Anthony.

Setiap tim IBL diwajibkan menggunakan nama klub. Bila kekurangan jumlah pemain, maka diperbolehkan memasukkan pemain binaan atau junior dalam tim tersebut. Tim yang berlaga di setiap seri harus sama, tidak boleh gonta-ganti nama tim. Tetapi untuk pemain, bisa diganti, asalkan sudah masuk dalam roster pemain yang didaftarkan di awal.

Untuk seri pertama, 3x3 Basketball Indonesia Tour hadir di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta pada 14-15 Juli. Kemudian bergeser ke Lapangan Rampal, Malang, pada 21-22 Juli. Penyelenggaraan seri terakhir berlangsung di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada 27-29 Juli.

Ketentuan untuk kategori selain IBL yaitu, Kategori Umum Putra minimal berusia 19 tahun, sedangkan untuk Putri usia minimal 16 tahun. Untuk Kategori U18 Putra rentan usia peserta harus 16 hingga 18 tahun. (*)

Foto: Dokumen Mainbasket 3x3

Komentar