IBL

Puma tunjukkan keseriusan mengguncang dominasi Nike, adidas dan Under Armour di ranah basket. Mereka mengumumkan perekrutan DeAndre Ayton, Marvin Bagley III dan Zhaire Smith sebagai duta produk. Tidak berselang lama, mereka juga umumkan Jay-Z sebagai direktur divisi basket bernama Puma Hoops. Kini, mereka perkenalkan sepatu basket terbaru.

Sepatu basket pertama Puma Hoops setelah 17 tahun mengambil DNA Puma Clyde. Lewat sentuhan performa kekinian, sepatu yang diperkenalkan pada 1973 tersebut dibuat modern dan diberi nama Puma Clyde Court Disrupt. Hal ini juga sebagai hasil penandatanganan kerja sama seumur hidup Puma dengan Walter “Clyde” Frazier pertengahan 2018 lalu.

DeAndre Ayton (kiri) dan Marvin Bagley III hadir pada acara peluncuran Puma Clyde Court Disrupt di Brooklyn, New York.

 

Edisi perdana Puma Clyde Court Disrupt dibuat dengan warna merah dan kuning. Warna ini dipilih dari warna seragam Phoenix Suns, tim NBA yang mendapatkan servis DeAndre Ayton. Bagian atas terbuat dari knit dengan bantalan berteknologi Jamming. Bantalan itu tampaknya jadi fitur andalan sepatu basket Puma Hoops. Mereka seakan tidak ambil pusing dengan tuntutan Nike terhadap teknologi tersebut.

Berbagai detail sepatu ini disusun untuk memenuhi kebutuhan pebasket modern. Hal itu tampak dari ketebalan bantalan yang meruncing kedepan. Bagi Puma, bentuk bantalan seperti itu membantu penggunanya melakukan pendaratan dari lompatan dengan nyaman. Sol karet bermotif herringbone dipilih dengan proporsi yang untuk menjanjikan sensasi kesat saat bersentuhan dengan lapangan kayu. Pada bagian belakang, tersemat panel pelindung tumit yang terbuat dari plastik TPU (thermoplastice Polyutherane) sehingga mengamankan tumit dan pergelangan kaki dari cedera.

Inovasi terakhir ada di formasi lubang tali. Untuk pertama kalinya Puma membuat formasi lubang tali melintang melewati panel samping formstripe. Hal ini bertujuan untuk lebih mengikat sepatu dengan kaki penggunanya. Formasi ini juga menghadirkan estetika baru untuk Puma Clyde yang selama 35 tahun tidak mengalami perubahan formasi tali-temali.

Kabarnya, Puma Clyde Court Disrupt akan dirilis pada Oktober 2018 bertepatan dengan pembukaan NBA musim 2018-2019. Masih belum ada pengumuman mengenai harga dan persebaran penjualan produk.

Foto: Puma, Sneaker News