IBL

Cedera membuat Yuni Anggraeni menghilang dari basket putri nasional. Klub Sahabat Semarang pun seakan sudah melupakan keberadaannya, karena kini membangun kekuatan muda. Yuni kini sibuk mengembalikan kondisi pasca-operasi. Ia menyatakan akan kembali bermain, tetapi belum tahu kapan waktunya.

Yuni masih membela Sahabat Semarang di Kompetisi Basket Putri Profesional Indonesia 2017. Ia membawa tim tersebut menempati peringkat kedua, setelah kalah dari Surabaya Fever di babak Elite 4. Kemudian, Yuni dipanggil untuk pemusatan latihan timnas putri Indonesia untuk SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Di situ, ia mendapatkan cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL).

"Sebelum SEA Games 2017 saya cedera. Tepatnya sebelum try-out ke Korea Selatan. Tidak ada insiden yang terjadi, tapi tiba-tiba lutut kanan saya sakit," kata Yuni.

Yuni tetap bermain di SEA Games 2017 meski dengan kondisi cedera. Tim putri Indonesia, saat itu bisa membawa pulang medali perunggu lewat kemenangan 83-62 dari Singapura. Setelah itu Yuni harus mendapatkan perawatan intensif.

Tanggal 26 Oktober 2017, Yuni melakukan operasi ACL. Jadi saat ini sudah sekitar tujuh bulan Yuni sibuk melakukan pemulihan kondisi pasca-operasi. Ia harus bolak-balik Jakarta-Semarang demi melakukan terapi. Yuni melakukan terapi di Jakarta, sementara ia harus menyelesaikan pendidikan di Universitas Soegijapranata Semarang.

Sementara itu, Sahabat Semarang saat ini sedang membangun kekuatan baru dengan pemain-pemain muda. Yuni jelas tidak bisa bermain selama satu musim kompetisi. Lalu Natasha Debby Christaline kini mempekuat Surabaya Fever. Dyah Lestari sudah mendapatkan pekerjaan di luar basket. Lalu, Delaya Maria yang sempat membela Sahabat, sudah pindah ke Tenaga Baru Pontianak.

Pemain yang mendapatkan gelar Most Valuable Player MVP WNBL Indonesia 2014-2015 itu masih berstatus sebagai pemain Sahabat Semarang. Ia menampik kabar bahwa dirinya sudah pindah klub. Tetapi untuk bermain kembali di liga, Yuni belum bisa memastikan.

"Intinya, saya belum punya pikiran untuk pindah klub. Itu saja," tegasnya. "Saya akan bermain lagi, tapi belum tahu kapan. Waktu yang akan menjawabnya.(*)

Foto: Mei Linda

Komentar