IBL

Women’s National Basketball Association (WNBA) musim 2018 resmi dimulai Jumat malam, 18 Mei 2018 waktu setempat. Memasuki penyelenggaraan ke-12 serta diikuti 12 tim, WNBA musim ini juga melakukan perubahan besar. Dalam segi penyedia perlengkapan olahraga, misalnya, WNBA tidak lagi menyerahkannya pada adidas melainkan diberikan kepada Nike. WNBA, yang merupakan satu-satunya liga basket perempuan profesional di Amerika Serikat, akan digelar hingga September mendatang. Nantinya, setiap tim akan memainkan 34 laga di musim reguler.

Musim dibuka dengan mempertemukan dua wakil Wilayah Barat, Phoenix Mercury melawan Dallas Wings. Mercury yang menjadi tuan rumah di Talking Stick Resort Arena, Phoenix Arizona, didukung oleh 11 ribu lebih pendukung dalam laga ini. Tampil dominan dan selalu unggul sejak kuarter pertama, Mercury berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 86-78.

Garda andalan Mercury dan tim nasional Amerika Serikat, Diana Taurasi, menjadi  top skor pada pertandingan ini setelah mencetak 26 poin dan 2 rebound selama 33 menit berlaga. Taurasi memasukkan 7 dari 16 tembakannya dengan lima di antaranya merupakan tembakan tripoin. Catatan tersebut membuat Taurasi mencatatkan total 1000 tripoin sepanjang karirnya.

Uniknya, pemain berusia 35 tahun itu hanya butuh 399 laga untuk meraih catatan tersebut, yang berarti tercepat dalam sejarah WNBA. Selain itu, ia juga sekaligus menjadi pemain tercepat keempat di Amerika Serikat yang mencapai 1000 poin dari dua liga, WNBA dan NBA. Pemain tercepat yang mencapai 1000 tripoin adalah garda Golden State Warriors, Stephen Curry, dengan 369 laga.

Selain Taurasi, ada empat pemain Mercury lainnya yang mampu mencetak dua digit angka. Dewanna Bonner membukukan dobel-dobel dengan 17 poin dan 12 rebound. Senter Brittany Griner menambahkan 13 poin dan 7 rebound sementara garda Briann January mencetak 10 poin dan 4 asis. Leilani Micthell yang bermain dari bangku cadangan menambahkan 10 poin dan 5 asis.

Dari kubu tamu, empat pemain mencetak dua digit angka. Liz Cambage dengan 18 poin dan 9 rebound. Skylar Diggins-Smith menyusul di belakang Cambage dengan 18 poin, 6 rebound, dan 9 asis. Glory Johnson mencetak 12 poin dan 8 rebound sementara Kaela Davis, yang memulai laga dari bangku cadangan, menambahkan 10 poin.

Foto: WNBA

Komentar