IBL

Brooklyn Nets sangat memenuhi klasifikasi tim yang mengalami masa-masa suram dalam tiga musim terakhir. Bersama Phoenix Suns, dua tim ini selalu gagal meraih lebih dari 30 kemenangan dalam tiga musim terakhir. Pun demikian, Nets menunjukkan perubahan yang cukup bagus di musim ini. Manajemen Nets mengutarakan semangat membangun ulang tim dengan berfokus mengembangkan talenta-talenta muda yang mereka miliki. Musim ini, rataan usia pemain Nets ada di angka 25,4 tahun. Rataan tersebut merupakan yang terendah keempat di NBA, sementara peringkat pertama adalah Suns dengan 24,5 tahun.

Fakta di atas membuat banyak pengamat meyakini, bila terus berada dalam konsep pengembangan yang benar, Nets bisa saja menjadi penerus Boston Celtics dan Philadephia 76ers yang menuai keberhasilan dari kesabaran mengembangkan pemain-pemain usia muda.

 

Terbaru, skuat muda Nets menunjukkan suatu tindakan positif. Saat semua tim yang tak lagi berlaga di babak playoff ramai-ramai berlibur, beberapa pemain Nets tampak menghabiskan waktu dengan berlatih di Los Angeles. Hal tersebut ditunjukkan lewat unggahan salah satu pemain Nets, DeMarre Carroll, di akun Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut tampak pemain-pemain Nets bersama Carroll seperti, D’Angelo Russell, Jeremy Lin, Spencer Dinwiddie, Jarrett Allen, hingga Isaiah Whiteside yang berpose setelah berlari bersama di atas perbukitan Los Angeles.

Hal tersebut memancing komentar dari beberapa insan basket NBA, salah satunya Mike Fratello, bekas pemain dan pelatih NBA yang total memenangi 667 laga sepanjang karir kepelatihannya.

“Hal tersulit dalam situasi Nets adalah untuk tetap konsisten pada jalur yang mereka pilih di awal dan tak menyimpang dari hal tersebut. Sixers pernah menempuh hal serupa dan kesulitan meraih kemenangan dalam kurun waktu tertenu. Banyak orang mengolok-olok proses yang dilakukan Sixers kala itu. Sekarang? Lihat betapa bagusnya mereka. Nets hanya harus bersabar,” terang Fratello dilansir Nets Daily.

Kenny Atkinson, kepala pelatih Nets, juga diyakini memiliki banyak waktu untuk terus meramu tim ini menjadi lebih kuat untuk tahun-tahun mendatang. Berpusat pada Russell, Dinwiddie, dan Allen sebagai deretan pemain muda serta bimbingan para senior seperti Lin dan Carroll, tugas manajemen Nets selanjutnya adalah memilih talenta yang tepat di NBA Draft ataupun pasar pemain bebas mendatang.

Foto: NBA

Komentar