IBL

Perjalanan Philadelphia 76ers musim ini memang sudah selesai. Namun, orang-orang tidak juga berhenti membincangkan performa pemain-pemainnya, terutama kiprah Ben Simmons di tahun pertamanya. Ruki (rookie) andalan Sixers itu, menurut statistik NBA, tidak berhasil mencetak satu pun tripoin (0/11) selama 2017-2018. Padahal sebanyak 444 pemain NBA melakukannya.

Dengan catatan itu, beberapa bekas pemain NBA mengungkapkan pendapatnya. Kobe Bryant, misalnya, menilai gaya menembak Simmons tidak indah.

“Secara estetis, saya sarankan (Simmons) untuk mengubahnya,” ujar Bryant sambil tertawa tentang gaya menembak sang ruki dalam siaran Fox Sports Radio.

Jalen Rose, bekas pemain NBA lainnya, juga mengungkapkan pendapatnya. Menurutnya, Simmons menggunakan tangan yang salah ketika menembak. Ia memperhatikan Simmon seringkali menembak dengan tangan kanannya ketika menusuk ke arah ring meski sang ruki seorang kidal.

“Tapi, ketika mendapat lemparan bebas, ia menembak dengan tangan kirinya. Saya pikir itulah yang harus diperbaiki,” ungkap Rose seperti dikutip USA TODAY.

Ben Simmons, garda utama Philadelphia 76ers, menembak dengan tangan kirinya selepas melakukan tusukan ke arah ring. Foto: Getty Images

 

Dalam beberapa kasus, menembak menggunakan tangan dominan atau terkuat pada seorang pemain memang bukan jaminan sang pemain akan melakukannya dengan baik. LeBron James, forwarda Cleveland Cavaliers, misalnya, menembak dengan tangan kanannya meski ia seorang kidal. Dalam sebuah wawancara seusai laga ketiga melawan Toronto Raptors di semifinal wilayah, ia mengakui hal itu. Ia mengatakan, dirinya tidak begitu sadar mengapa bisa menjadi seorang pebasket tangan kanan. Kemungkinan karena pengaruh Michael Jordan dan Anfernee “Penny” Hardaway.  

Dalam kasus lain, garda andalan Oklahoma City Thunder, Russell Westbrook, juga mengalami hal serupa. Ia seringkali tertangkap kamera menulis dengan tangan kiri meski menembak menggunakan tangan kanan. Maka, melihat gelagat Simmons, Rose merasa sang ruki semestinya menembak dengan tangan kanan juga.

Ben Simmons, garda utama Philadelphia 76ers, menembak dengan tangan kirinya di depan pemain New York Knicks, Lance Thomas. Foto: AP

 

Kendati begitu, Simmon mengatakan tidak akan mengubah gaya menembaknya secara keseluruhan. Ia hanya akan mengubahnya sedikit.

“Saya tinggal berlatih lagi, menyesuaikan ke mana saya ingin bolanya (ditembakkan) dan melemaskan pundak. Tinggal menembak,” ujar Simmons seperti dikutip USA TODAY, Kamis, 10 Mei 2018 waktu setempat.

Meski pun tidak dapat menciptakan tripoin, persentase tembakan dua poin Simmons mencapai .551 dengan memasukkan 544 dari total 987 tembakan per laga. Dari situ, ia rata-rata membukukan 15,8 poin di musim reguler dan bertengger di peringkat tiga pencetak poin terbanyak di antara para ruki. Ia hanya kalah dari Donovan Mitchell (20,5) dan Kyle Kuzma (16,1).  

Foto: NBA

Komentar