IBL

Setelah mengalami kekalahan 87-100 dari Houston Rockets di pertandingan keempat semifinal Wilayah Barat, Minggu, 6 Mei 2018 waktu setempat, Utah Jazz tampak membutuhkan penyesuaian di susunan pemain utama mereka. Hal itu terjadi lantaran Ricky Rubio, garda utama Jazz, mengalami cedera hamstring sejak pertandingan terakhir di putaran pertama playoff. Ia bahkan tidak bisa tampil hari ini karena cedera yang sama.

Secara keseluruhan, para pandit menilai Rubio tampil baik di playoff pertamanya. Ia sedikitnya mencetak rata-rata 14 poin, 7,3 rebound, dan 7 asis per laga. Namun, cedera rupanya masih menjadi momok mengerikan bagi garda 27 tahun itu.

Dengan absennya Rubio, Kepala Pelatih Quin Snyder pun mempercayakan Donovan Mitchell untuk memimpin serangan bersama pemain veteran, Joe Ingles. Sementara itu, Dante Exum dan Alec Burks sebagai pemain pelapis diberi menit bermain lebih untuk menyesuaikan rotasi pemain. Upaya itu tampaknya cukup membuat mereka memenangkan pertandingan kedua di Houston sebelum kalah lagi di dua pertandingan terakhir, termasuk hari ini.

Rubio sebenarnya santer diberitakan akan kembali di pertandingan keempat ini. Namun, sang garda ternyata masih harus menepi karena belum benar-benar pulih. Oleh karena itu, Snyder pun memasang Exum di susunan utama sebagai pengganti.

Untung tak bisa diraih malang tak bisa ditolak, pada pertandingan keempat, Jazz lagi-lagi harus kehilangan garda utama mereka. Di kuarter tiga, Exum mengalami cedera hamstring yang membuatnya absen di sisa pertandingan; membuat Snyder memasang Raul Neto sebagai garda utama. Namun, Neto tidak memiliki catatan bagus hari ini dengan hanya menyumbang sembilan poin (3/10 field goal).

Setelah insiden itu, Jazz belum mengabarkan kondisi kesehatan Rubio dan Exum. Mereka masih akan melihat perkembangan keduanya untuk menentukan apakah mereka bisa diturunkan di pertandingan kelima. Namun, jika melihat rentang waktu pemulihan Rubio, seharusnya ia sudah bisa tampil nanti. Apalagi tim dokter sebelumnya mengatakan, sang garda asal Spanyol itu membutuhkan waktu seminggu untuk sembuh. Kini, Rubio telah istirahat lebih dari seminggu.

Jika terpaksa harus tampil tanpa Rubio dan atau Exum, maka Snyder hanya memiliki Neto dan David Stockton di posisi garda utama. Kecuali ia menggeser Mitchell ke posisi itu. Sang ruki (rookie) di pertandingan kedua terbukti bisa berperan sebagai pengatur serangan dengan mencetak dobel-dobel 17 poin dan 11 asis. Namun, apakah itu cukup untuk melawan Rockets yang memiliki duet garda kaliber All-Star: James Harden dan Chris Paul? Bahkan Snynder pun mengakui kualitas mereka dalam mengendalikan permainan. Akan sulit bagi Jazz bermain tanpa garda utama mumpuni.  

Foto: NBA

Komentar