IBL

Walau dijadwalkan dirilis Juli 2018, Derrick Rose telah menggunakan sepatu signature-nya yang kesembilan bersama adidas. Pemain yang kini memperkuat Minnesota Timberwolves sudah mengenakannya saat melakoni laga perdana babak Playoff NBA 2018 melawan Houston Rockets. Berbeda dari adidas D-Rose 5 hingga 8, adidas D-Rose 9 kini tak lagi menggunakan bantalan boost.

Menghilangkan bantalan boost menimbulkan berbagai spekulasi terkait keadaan kontrak adidas dengan Derrick Rose. Rose adalah mesin jual efektif bagi adidas sejak pertama kali direkrut 2012 silam. Sayangnya, cedera panjang membuatnya tak lagi mendapat banyak kesempatan bermain. Berbagai edisi adidas D-Rose pun mengalami penurunan penjualan sementara adidas sudah mengontraknya mahal. Spekulasi pertama hadir dari fakta tersebut, adidas ingin mengurangi biaya produksi untuk Derrick Rose mengingat ia tak lagi semenguntungkan dulu.

adidas D-Rose 9 yang digunakan Derrick Rose saat bertanding di pertandingan pertama babak Playoff melawan Houston Rockets. Pada 2012, Rose dikontrak senilai AS$ 200 juta untuk 12 tahun kerja sama.

 

Spekulasi kedua datang dari sisi performa. Walau nyaman saat digunakan jalan kaki, bantalan boost sebenarnya kurang begitu stabil digunakan untuk berlari, apalagi dengan pola gerakan eksplosif yang biasa ditunjukkan Rose. Untuk kebutuhan kestabilan gerakan Rose, adidas mengganti bantalan boost dengan bantalan bounce yang biasa ditemui di sepatu lari jarak jauh adidas. Untuk gaya permainan Rose, bantalan ini digadang-gadang lebih stabil.

Bisa jadi, itulah alasan bantalan boost di sepatu Harden dibuat jauh lebih tebal bercangkang plastik kuat dan kokoh. adidas membuat sepatu basket yang empuk namun tetap kokoh dan stabil untuk Harden dan Rose. Hasilnya efektif untuk Harden, tapi tidak bagi Rose. Apapun alasannya, yang pasti kita tida bisak menikmati bantalan boost di sepatu baru Derrick Rose.

Warna abu-abu jadi warna yang dipilih untuk memperkenalkan adidas D-Rose 9. Bahan primeknit di bagian atas (upper) masih jadi pilihan tepat. Pelindung tumit (heel counter) di bagian belakang masih terlihat untuk menambah kerapatan sepatu dan kaki.

Bagimana pendapat Anda dengan sepatu terbaru Derrick Rose ini? Ya atau tidak?

Foto: Tim Warner untuk Getty, Troy Taormina untuk USA Today, akun instagram @drose.reborn

Komentar