IBL

Tak ada yang menyangkal kiprah Michael Jackson di ranah musik. Ia dianggap sebagai penyanyi dengan lagu-lagu yang diterima banyak kalangan. Julukan Raja Musik Pop jadi bukti nyata. Tak hanya soal lagu, Jackson juga piawai menghasilkan video klip musik yang apik. Bahkan, ia pernah mengajak Michael Jordan untuk membintangi video klipnya.

Anda bisa menyaksikan aksi duo MJ tersebut di video klip berjudul “Jam”. Lagu ini masuk di album Michael Jackson bertajuk “Dangerous” yang dirilis pada 1992 sementara video klip ini disiarkan perdana pada 12 Juni 1993 melalui stasiun televisi FOX.

Video klip ini disutradarai oleh David Kellogg. Di era 1980-an, ia adalah sutradara video klip berpengalaman. Kellogg telah membantu pengerjaan video klip musisi terkenal seperti Lionel Richie, Dave Matthews, Quincy Jones, dan David Crosby.

Seluruh proses pengambilan gambar dilakukan di sebuah gedung dengan atap tinggi di pinggiran Kota Chicago. Total biaya pengerjaannya mencapai AS$1 juta.

Yang meminta agar Jordan tampil di video klip “Jam” adalah Jackson sendiri. Hal tersebut disampaikan oleh David Kellogg kepada ESPN saat media Amerika Serikat ini merilis tulisan tentang “Jam” pada 2014 lalu.

“Saya sebagai sutradara mendengar Jackson membicarakan tentang Jordan. Saya tahu ke mana arah pembicaraan itu. Jackson tak pernah bercanda soal musik dan videonya,” ungkapnya.

Hal itu diiyakan Phil Rose. Pria yang kala itu menjabat sebagai produser mengaku merencanakan pertemuan langsung Jackson dengan Jordan di Chicago.

“Jackson sangat mengidolai Jordan. Hal itu diucapkan Sandy Gallin (manajer Michael Jackson) sebelum kami membahas lebih dalam tentang Jam. Setelah semua terkonsep, kami bertolak ke Chicago untuk menemui Jordan,” kata Rose.

Phil Rose mengatakan kendala terbesar dalam proses pengerjaan video klip ini adalah masalah waktu. “Saya bekerja bersama dua orang tersibuk di tahun itu. Jackson dengan segala hal tentang album barunya sementara Jordan dengan Bulls dan latihannya. Kami harus melakukannya sesempurna dan seefektif mungkin,” ceritanya.

Sampul album ke delapan Michael Jackson bertajuk "Dangerous". Tidak ada penjelasan mengenai makna gambar yang tertera dan masih jadi misteri hingga kini. Foto: Billboard

 

Sedangkan bagi David Kellogg, ia merasa terbantu dengan kecocokan yang ditunjukkan dua figur beda bidang itu sejak pertama kali bertemu. “Ketika mereka bertemu di lokasi, mereka langsung berbincang hangat. Jordan mengajari Jackson bermain basket, sementara Jackson mengajari cara menari dan moonwalk pada Jordan. Itu sama sekali tidak ada di skenario dan terjadi begitu saja,” ujarnya. Hasil pengambilan gambar ini ada di dua menit terakhir video klip Jam.

Walau proses pengambilan gambar hanya berjalan beberapa hari, video klip ini mendulang prestasi. Rolling Stones memilihnya sebagai salah satu dari 20 video klip Michael Jackson terbaik sepanjang masa.

Tak hanya itu, Jam juga jadi video klip pertama yang dibintangi Michael Jordan. Sebelum keduanya kembali ke aktivitas masing-masing, mereka menyempatkan menandatangani bola yang mereka gunakan saat ambil gambar. Bola itu jadi satu-satunya benda yang memuat tanda tangan dua orang tersebut. Bola itu kemudian laku terjual seharga AS$240 ribu.

Foto: Video klip Jam via YouTube

Komentar