IBL

Pada Kamis (29/12) Pele, legenda sepak bola asal Brazil, meninggal dunia. Pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu sempat dirawat selama sebulan di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brazil. Ia berjuang menghadapi kanker kolon (usus besar) sejak 2021. Pele meninggal pada usia 82 tahun.

Ucapan duka mengalir dari berbagai penjuru dunia. Pria yang dijuluki sebagai Sang Raja itu juga meninggalkan memori mendalam bagi orang-orang yang mengaguminya. Salah satu momen yang paling diingat adalah ketika Pele salah mengira Michael Jordan dengan Michael Jackson.

Keduanya memiliki nama depan Michael dan sama-sama menjadi legenda di bidang masing-masing. Satu sosok Michael menjadi bintang top NBA dan satu sosok Michael yang lain dijuluki King of Pop.

Momen itu terjadi pada September 2009 silam di Kopenhagen, Denmark. Pele menghadiri sesi jumpa pers sebagai duta Brasil untuk Olimpiade 2016. Saat itu Rio de Janeiro bersaing dengan Chicago untuk menjadi tuan rumah multi event empat tahunan itu. Jordan diharapkan hadir sebagai ikon dari kota berjuluk The Windy City itu.

Saat menjawab pertanyaan dari wartawan, Pele tidak sadar sosok yang ia sebut adalah Michael Jackson, bukannya Michael Jordan. “Saya tidak tahu apakah pertanyaan Anda tentang Michael Jackson atau tentang atlet lain,” jawab Pele seperti yang dikutip melalui laman Marca.

Seseorang segera mengoreksi kebingungan Pele. Ia menjelaskan bahwa Michael yang dimaksud adalah Michael Jordan. Setelah menyadari kesalahannya, Pele sendiri ikut tertawa bersama orang-orang yang hadir dalam jumpa pers tersebut. Momen tersebut menjadi salah satu momen yang tidak terlupakan bagi orang yang mengingat Pele.

Pele telah tiada. Semasa menjadi pemain sepak bola, ia menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan tiga edisi Piala Dunia (1958, 1962, dan 1970). Selain itu Pele juga memenangkan Campeonato Paulista 10 kali dan Seri A Brazil enam kali bersama Santos, serta dua Copa Libertadores dan dua Piala Interkontinental. (rag)

Selamat jalan, Pele.

 

Foto: The San Diego Union

Komentar