IBL

Perjalanan CLS Knights Indonesia di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018 telah usai. Kini salah satu pemain asingnya, Shane Edwards, bergabung dengan Barangay Ginebra San Miguel untuk tampil di Philipine Basketball Association (PBA) Commissioner's Cup 2018.

Edwards tampil di 12 pertandingan bersama CLS Knights dengan rata-rata bermain selama 32 menit. Ia mencetak 22,0 poin, 8,3 rebound dan 1,4 asis per pertandingan. Edwards didatangkan CLS Knights setelah Duke Crews cedera dan tim ini tidak menemukan pemain asing yang tepat untuk menggantikannya. Sebelum Edwards datang, CLS Knights memasukkan nama Evan Brock dan DeCorey Aaron Jones.

Edwards sudah tidak asing lagi dengan basket Filipina. Ia pernah membela Alaska Aces di Commissioner's Cup 2016. Saat itu ia menggantikan Robert Dozier yang cedera. Edwards mencetak 36 poin dan 20 rebound saat laga debutnya bersama Aces. Tampil sembilan laga, Edwards bisa mengumpulkan enam kemenangan. Setelah Dozier sembuh dari cedera, Edwards pun diganti.

Pada daftar pemain impor PBA Commissioner's Cup 2018, nama Edwards tercatat di tim Barangay Ginebra San Miguel. Ternyata dia menjadi pemain pengganti. Sebab, pemain asing sebenarnya adalah Justin Brownlee. Saat ini, Brownlee masing fokus membela San Miguel Alab Pilipinas di playoff ABL 2017-2018. Sedangkan PBA Commissioner's Cup akan dimulai 22 April mendatang.

Commissioner's Cup merupakan salah satu dari kompetisi yang dimiliki PBA atau yang lazim disebut Conference. Sama seperti Governor's Cup, Commissioner's Cup punya aturan bahwa tim peserta boleh menyewa satu pemain asing sebagai pemain impor. Kompetisi ini sudah digelar sejak tahun 1993. Ada tiga tim terkuat yang mampu mendapatkan tiga kali gelar juara. Mereka adalah Alaska, Purefoods/B-Meg/San Mig Coffee, dan San Miguel. (*)

Berikut daftar kontestan PBA Commissioner's Cup 2018 dan pemain impor yang dimainkan:

1. Alaska Aces - Antonio Campbell
2. Barangay Ginebra San Miguel - Shane Edwards
3. Blacwater Elite - Jarrid Famous
4. Columbian Dyip - C.J. Aiken
5. GlobalPort Batang Pier - Malcolm White
6. Magnolia Hotshots - Vernon Macklin
7. Meralco Bolts - Arinze Onuaku
8. NLEX Road Warriors - Arnett Moultrie
9. Phoenix Fuel Masters - James White
10. Rain or Shine Elasto Painters - Reggie Johnson
11. San Miguel Beermen - Troy Gillenwater
12. TNT KaTropa - Jeremy Tyler

Foto: Yoga Prakasita

Komentar