IBL

Joel Embiid, senter Philadelphia 76ers, kemungkinan masih akan absen di playoff 2018. Menurut laporan Dan Gelston, Associated Press, senter kaliber All-Star itu sedikitnya tidak akan tampil di pertandingan pertama Sixers. Hal itu disampaikan sendiri oleh pemain bersangkutan.

“Saya pikir saya belum siap untuk tampil,” ujar Embiid seperti dikutip Associated Press. “Saya belum merasa baikan.”

Embiid memang sudah absen sejak 28 Maret 2018 lalu karena mengalami retak tulang di sekitar mata kirinya. Hal itu terjadi setelah ia bertabrakan dengan rekan setimnya, Markelle Fultz, ketika bertanding. Ia pun harus melakukan operasi di akhir Maret lalu untuk memperbaiki cederanya.    

Pascaoperasi, Embiid harus mengenakan pelindung wajah setiap kali latihan. Kemungkinan ia juga akan mengenakannya saat playoff nanti. Ia bahkan berharap NBA mengizinkannya mengenakan pelindung wajah berwarna hitam supaya ia terlihat seperti Zorro.

Menurut Embiid, cedera ini sebenarnya sembuh lebih cepat. Matanya memang masih bengkak, tetapi penglihatannya sudah tidak kabur.

“Saya ingin bermain tetapi untuk sekarang ini saya belum merasa siap,” ujar Embiid lagi. “Saya harus bekerja keras setiap hari. Dengan kemajuan ini, saya harap kembali secepatnya.”

Sementara itu, Sixers baru saja mencetak rekor baru. Di pengujung musim reguler ini, mereka mengemas 16 kemenangan beruntun—kemenangan beruntun terpanjang dalam sejarah tim tersebut. Bahkan menurut catatan ESPN Stats & Info, tidak ada tim NBA yang pernah menutup musim reguler dengan 16 kemenangan beruntun. Itu artinya mereka juga membuat rekor di liga.

Namun, playoff selalu jadi hal berbeda. Tim-tim terbaik akan bertarung dalam fase gugur best of seven. Sixers pun membutuhkan Embiid sebagai bigman andalan jika ingin terus melaju ke ronde-ronde berikutnya. Apalagi mengingat perannya selama musim reguler, memimpin Sixers dengan rata-rata 22,9 poin dan 11 rebound dalam 63 pertandingan.  

Foto: Bill Streicher/USA TODAY Sports

Komentar