IBL

Perlengkapan olahraga kini kian erat dengan dunia mode. Salah satunya bisa Anda temui pada koleksi terbaru adidas Y-3.

Y-3 adalah lini busana kelas atas adidas bersama desainer Jepang Yohji Yamamoto. Koleksi terbaru adidas Y-3 mengambil inspirasi dari gaya busana dan permainan bintang Houston Rockets, James Harden. Tak hanya itu, Harden pun didapuk menjadi model untuk katalog produk adidas Y-3 terbaru bertema “Botan Flower”.

Untuk koleksi eksklusif ini, Yohji Yamamoto menampilkan beberapa siluet yang ia permak sedemikian rupa sehingga tampak berbeda; meliputi jaket bomber, setelan jas, sweter, hoodie, celana, atasan, kaus tanpa lengan (tank top), celana olahraga, kaus kaki hingga sepatu.

Dalam budaya Jepang, Bunga Botan memiliki makna khusus. Bunga berwarna merah muda ini lebih sering disebut sebagai Peony. Dalam ilmu kesehatan Kampo, Botan berguna untuk meredakan penyakit sawan yang kerap menyerang anak-anak kecil. Tak hanya itu, warnanya yang indah serta ukurannya yang besar membuat Botan disebut sebagai Raja Bunga (King of Flowers).

Yohji Yamamoto ingin membawa sifat utama Botan ke dalam koleksi terbarunya ini. “Bunga Botan memiliki makna keberanian, kebangsawanan, kehormatan, serta keberuntungan. Hal yang bisa saya temui dari cara Harden bermain di lapangan dan bergaul di luar lapangan,” katanya.

Untuk sepatu, Yamamoto membuat dua jenis sepatu. Sepatu pertama adalah adidas Y-3 Tangutsu, sebuah sepatu kasual perempuan berjenis selop (slip on). Sementara untuk laki-laki, ia menyuguhkan adidas Y-3 BYW yang didesain khusus untuk James Harden. Keduanya telah dimodifikasi sedemikian rupa agar selaras dengan tema yang diusung.

Karir Harden di ranah basket yang tengah meroket membuatnya kebanjiran apresiasi dari berbagai pihak. Selain Yohji Yamamoto, adidas pun merilis adidas Harden Vol. 2 dengan warna yang terinspirasi dari hal tersebut bernama “Lift Off”. Bila ia terpilih sebagai pemain terbaik musim 2017-2018, Harden akan semakin dibanjiri kerja sama dari berbagai produk dengan kontrak bernilai fantastis.

Foto: Yvan Fabing untuk adidas Y-3

Komentar