IBL

NBA Draft 2018 diprediksi akan semakin menarik. Setelah Senter University of Arizona, DeAndre Ayton, memastikan diri untuk mengikutinya dua hari yang lalu, kini dua bintang kuliahan lainnya juga melakukan hal serupa. Garda andalan University of Oklahoma, Trae Young, dan senter utama University of Texas, Mohamed "Mo" Bamba, mengumumkan akan mengikuti draft pada Selasa malam, 20 Maret 2018 waktu setempat.

Keduanya merupakan pemain tahun pertama di Divisi I National Collegiate Athletic Association (NCAA) yang berhasil memikat perhatian banyak pencari bakat musim ini. Keduanya juga menjadi tumpuan utama tim mereka sepanjang musim hingga akhirnya sama-sama tersingkir di putaran pertama March Madness.

Young menarik perhatian pecinta basket dunia setelah bermain apik pada salah satu laga reguler melawan Northwestern State University. Pemain bertinggi 188 sentimeter ini berhasil mencetak 26 poin plus 22 asis setelah bermain selama 29 menit.

Young bahkan berhasil mengakhiri musim reguler sebagai pemuncak rataan poin dan asis per laga secara keseluruhan di Divisi I NCAA dengan 27,4 poin dan 8,7 asis. Selain itu, pemain berusia 19 tahun ini juga diganjar penghargaan Freshman of the Year untuk Wilayah Big 12.

Sayangnya, langkah Young dan Sooners, julukan University of Oklahoma, harus terhenti di putaran pertama March Madness. Meski berhasil mencetak 28 poin dan 8 asis, Young gagal menghindarkan Sooners dari kekalahan atas University of Rhode 83-78.

ESPN memprediksi Young akan terpilih di delapan besar NBA Draft. Untuk pemain di posisi garda pertama, ia akan mendapatkan saingan berat dari Luka Doncic yang masih ditunggu untuk mengumumkan keikutsertaannya pada NBA Draft musim depan.

Setali tiga uang, Bamba juga menjalani musim pertamanya dengan brilian. Bersama Longhorn, julukan University of Texas, ia bermain sebanyak 29 laga dengan rataan 12,9 poin, 10,5 rebound, dan 3,6 blok per laga. Catatan tersebut membuat Bamba memimpin jumlah rebound dan blok per laga untuk Wilayah Big 12.

Bamba memiliki fisik yang mumpuni untuk menjadi penguasa area bawah ring. Dengan tinggi 213 sentimeter dan bentang tangan mencapai 234 sentimeter, pemain berusia 19 tahun ini seperti tembok kokoh di bawah ring. Ia juga sesekali tidak ragu melepaskan tembakan tiga angka meski rataan akurasinya hanya 27 persen.

ESPN memprediksi Bamba akan terpilih di lima besar di NBA Draft. Akan tetapi, di antara daftar senter yang berlaga di NCAA musim ini, ia berada di urutan ketiga terbaik di bawah DeAndre Ayton dan Jarren Jackson Jr..

Foto: USA Today, SB Nation

Komentar