IBL

adidas berhasil menjual sejuta sepatu dari sampah plastik laut pada 2017. Capaian ini disampaikan CEO adidas, Kasper Rosterd, Rabu 14 Maret 2018 dalam sebuah wawancara dengan CNBC. Ketika tren ultraBoost dan NMD dianggap menurun, prestasi ini bisa jadi pelipur lara perusahaan asal Jerman tersebut.

Pada pertengahan 2015, adidas menggandeng gerakan peduli lingkungan hidup Parley for the Ocean untuk merilis sepatu yang terbuat dari sampah plastik laut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan adidas terhadap isu lingkungan yang marak digaungkan di era modern ini.

Visi mereka ternyata mendapat tanggapan positif dari dunia internasional. Sepatu Parley for the Ocean x adidas yang terbuat dari sampah plastik laut terjual sejuta pasang sepanjang tahun 2017. Ini merupakan prestasi membanggakan yang berhasil diraih adidas. Prestasi ini juga jadi pelengkap setelah mereka Business Insider menobatkannya sebagai sepatu paling laris nomor dua setelah Nike.

Dalam program kolaborasi ini, adidas dan Parley for the Ocean ingin meningkatkan kepedulian untuk menyelamatkan kondisi laut yang mulai penuh dengan sampah plastik. Cyrill Gustch, pendiri Parley for the Ocean, khawatir bila kondisi ini dibiarkan maka akan memberi dampak bagi kehidupan manusia.

Setelah mencapai angka penjualan satu juta pasang, adidas ingin berbuat lebih jauh. Rosterd juga menambahkan bahwa mereka menargetkan untuk bisa menjual lima juta pasang di tahun 2018. Dengan semakin tinggi penjualan adidas x Parley, maka semakin berkurang pula polusi sampah plastik di laut.

Untuk sebuah sepatu, dibutuhkan 11 botol plastik agar bisa diolah menjadi bahan bagian atas (upper) sepatu. Itu artinya, dibutuhkan 22 botol plastik untuk membuat sepasang. Dengan target lima juta pasang, berarti program adidas dan Parley ini akan mengurangi 110 juta botol plastik dari permukaan laut di bumi.

Anda bisa mengenal lebih dekat tentang program adidas dan Parley for the Ocean di edisi cetak Mainbasket. Kami membahas kolaborasi unik ini lebih dalam pada edisi April 2017. Anda bisa mendapatkannya di toko buku kesayangan Anda per 1 April 2018.

Sumber foto: adidas, Parley for the Ocean

Komentar