IBL

Siapa yang tidak mengenal Dirk Nowitzki? Pemain veteran, yang sejauh ini hanya bermain untuk Dallas Mavericks, kembali mencatatkan rekor baru di NBA, Senin malam, 5 Februari 2018 waktu setempat. Dalam pertandingan melawan Los Angeles Clippers yang digelar di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat, ia memainkan menit ke-50.000 selama karirnya. Saat itu ia sekaligus mencetak 12 poin dan 6 rebound, tapi sayangnya ia masih tak dapat menghindarkan Mavericks dari kekalahan.

Sebelum laga dimulai, Nowitzki membutuhkan tujuh menit untuk mencapai rekor tersebut. Hebatnya, Nowitzki ternyata bermain selama 25 menit pada pertandingan tadi. Di usia yang mencapai 39 tahun dan memasuki musim ke-20 di NBA, Nowitzki merupakan pemain keenam sepanjang sejarah NBA yang berhasil mencatatkan 50.000 menit bermain.

Rekor ini semakin tampak hebat, karena dengan laga tadi Nowitzki sekaligus menyalip Elvin Hayes dari peringkat lima dalam daftar pemain dengan menit bermain yang banyak. Hayes total mencatatkan 50.000 menit bermain sepanjang karirnya, sementara Nowitzki kini telah bermain selama 50.018 menit. 

Ini merupakan rekor fantastis kedua yang dipecahkan Nowitzki dalam dua musim terakhir. Musim lalu ia berhasil menjadi bagian dari delapan pemain yang mampu mencetak 30.000 poin. Sekali lagi, rasanya tak ada kata selain “fantastis” untuk menggambarkan segala raihan Nowitzki.

Hingga hari ini, 6 Februari 2018 waktu Indonesia, Nowitzki secara keseluruhan ada di 15 besar dalam berbagai kategori rekor NBA. Ia berada di peringkat 11 dalam hal tembakan tripoin, peringkat 7 dalam daftar pencetak poin terbanyak, peringkat 5 dalam menit bermain, dan peringkat 6 dalam laga terbanyak sepanjang sejarah NBA.

Khusus kategori terakhir, Nowitzki hanya tertinggal 164 laga dari peringkat pertama, legenda NBA Robert Parish. Rasanya bukan hal yang tidak mungkin bagi Nowitzki untuk menjadi peringkat satu bila ia tetap fit hingga paling tidak dua musim ke depan.

Musim ini saja, pemain berkewarganegaraan Jerman itu selalu bermain di 54 laga Mavericks. Meski hanya memilki rataan 24,9 menit per laga, kontribusinya masih sangat penting bagi Mavericks.

Menanggapi rekor fantastis Nowitzki, LeBron James tak mau ketinggalan untuk mengucapkan selamat. Melalui akun Twitter pribadinya, James mengungkapkan kekagumannya, ”50.000 menit? Wow, itu adalah sebuah pencapaian yang gila. Selamat sobat, inilah yang kita sebut dengan berkerja siang-malam.”

Nowitzki sendiri berusaha tetap rendah hati saat ditanya tentang rekornya kali ini. Kepada ESPN ia mengungkapkan, ”Saya hanyalah pemain yang beruntung dengan terhindar dari cedera serius sepanjang karir saya. Memang saya sempat melewati beberapa masalah dalam karir saya, tapi bila anda melihat masalah pada pemain-pemain lainnya, saya benar-benar merasa beruntung.”

Bila dihitung, 50.000 menit yang sudah dimainkan Nowitzki sama dengan 35 hari. Itu berarti bila anda menonton penampilan Nowitzki hari ini, Anda akan selesai menyaksikan 50.000 menit tersebut pada 12 Maret 2018 mendatang.

Foto: USA Today

Komentar