IBL

NBA menghadirkan berita mengejutkan pagi ini. Bukan perkara hasil laga, tukar pemain, atau bahkan rekor. Kali ini NBA datang dengan berita duka. Salah satu mantan pemain yang total 13 musim malang melintang di kancah liga basket terbaik dunia dilaporkan meninggal dunia pagi ini, Kamis 1 Februari 2018. Kepolisian Los Angeles memberitakan terjadi sebuah kecelakaan tunggal melibatkan sebuah mobil Range Rover yang hilang kendali hingga menghantam tembok dan terbalik. Pengemudi dan penumpang ditemukan meninggal dunia. Mereka adalah Rasual Butler dan istrinya, Leah LaBelle.

Meski nama Butler tak sementereng bintang-bintang NBA lainnya. Namun, 13 musim yang ia habiskan di NBA tidak bisa dianggap remeh. Ia memulai karirnya pada musim 2002 setelah Miami Heat memilihnya pada putaran kedua NBA Draft. Ia menghabiskan tiga tahun di Heat sebelum masuk dalam paket pertukaran yang membuatnya pindah ke New Orleans Hornets (kini Pelicans). Butler lantas berpindah ke enam tim lainnya sehingga secara total ia bermain di delapan tim berbeda.

Selama karirnya, Butler dikenal sebagai pemain cadangan yang cukup bagus. Meski tidak sementereng pemain semacam Jamal Crawford dan Manu Ginobili, ia memilki kemampuan menembak tiga angka yang cukup bagus. Sepanjang karirnya ia mencatatkan rataan 7,5 poin per laga dengan akurasi tembakan tiga angka mencapai 36 persen.

Sang pemain juga dikenal sebagai seorang pekerja keras dan ulet dalam tiap sesi latihan maupun bertanding. Hal tersebut membuat ia beberapa kali diharuskan menjaga pemain terbaik lawan. Sementara di luar lapangan, para pemain yang pernah bermain bersamanya mengucapkan Butler adalah seseorang yang layak dijadikan contoh bagi para pemain muda. Profesional namun rendah hati, selalu positif, dan sayang keluarga adalah sebagian kecil sifat baik yang terungkap di media.

Beberapa pemain dan mantan pemain NBA mengucapkan kesedihan mereka melalui akun media sosial masing-masing. “Dunia baru saja kehilangan salah seorang terbaik di dunia. Istirahatlah dalam damai Rasual “Bop” Butler,” tulis mantan rekan setim Butler di Heat, Dwyane Wade.

Bintang Toronto Raptors, DeMar DeRozan, juga mengungkapkan kesedihannya, ”Yang satu ini menyakitkan. Kita kehilangan salah satu yang terbaik. Belajar banyak dari seorang individu yang rendah hati, istirahatlah Rasual Butler.”

USA Today pada 2014 lalu sempat bertanya pada Butler tentang karirnya yang cukup panjang di NBA. ”Jika kalian serius dalam melakukan apa yang kalian cintai, kalian akan melakukan segalanya untuk terus melakukan hal tersebut tiap hari sepanjang hidup kalian.”

Butler terakhir kali tampil di NBA pada 2015 lalu bersama Minnesota Timberwolves. Akan tetapi, bagi pecinta basket yang masih gemar mengikuti acara buatan Ice Cube, BIG3, tentu akan mengingat aksinya musim lalu.

Selamat jalan dan istirahatlah dalam tenang, Rasual Butler!

Foto: Getty Images

Komentar