IBL

WNBA akan memiliki tim pertama di luar Amerika Serikat. Pada Kamis (23/5) waktu setempat, WNBA mengumumkan ekspansi tim. Toronto akan menjadi peserta WNBA ke-14 yang akan dimulai tahun 2026.

Tim tersebut merupakan “saudara perempuan” Toronto Raptors, yang menjadi juara NBA 2019. Kilmer Sports Ventures menjadi pemilik dari tim WNBA Toronto. Larry Tanenbaum, Ketua Kilmer Sports Ventures, juga merupakan Ketua Dewan Gubernur NBA dan Chairman of Maple Leaf Sports & Entertainment. Perusahaan itu memiliki Raptors, Toronto Maple Leaf (NHF) dan Toronto FC (MLS).

“Membawa tim WNBA ke Toronto merupakan tonggak sejarah penting bagi liga kami karena kami harus melakukan ekspansi di dalam maupun di luar Amerika Serikat. Kami yakin tim baru ini akan berkembang menjadi organisasi WNBA kelas satu dan inspirasi yang hebat,” kata Komisaris WNBA Cathy Engelbert dalam keterangan resminya.

Dari keterangan WNBA, Toronto akan menggunakan kandang di Coca-Cola Coliseum di Exhibition Place di Toronto, Kanada. Beberapa pertandingan tambahan bisa dijadwalkan di kandang Raptors yaitu Scotiabank Arena.

“Sudah resmi! Kanada memiliki tim WNBA. Kesepakatan penting ini akan memberikan peluang bagi atlet-atlet kami yang luar biasa di seluruh penjuru negeri dan panggung terbesar. Saya tidak sabar melihat para atlet perempuan ini menang,” ujar Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Pada musim 2025, WNBA memiliki peserta baru yaitu Golden State Valkyries. Tim tersebut satu induk dengan Golden State Warriors. Valkyries akan memulai debutnya pada WNBA 2025.

Untuk musim 2024, WNBA masih diikuti 12 tim. Ada Las Vegas Aces, sebagai juara bertahan dalam dua musim terakhir. Disusul tim original sejak 1997 yaitu New York Liberty, Los Angeles Sparks, dan Phoenix Mercury. Sisanya adalah Connecticut Suns, Chicago Sky, Minnesota Lynx, Atlanta Dream, Seattle Storm, Dallas Wings, Washington Mystics, dan Indiana Fever. (rag)

Foto: The Canadian Press via AP

Komentar