IBL

Boston Celtics menjadi tim pertama yang melangkah ke Final Wilayah. Tapi mereka masih belum bisa diperkuat oleh center Kristaps Porzingis. Pemain asal Latvia itu diperkirakan akan melewatkan Gim 1 dan 2.

“Porzingis telah membuat kemajuan dalam proses pemulihannya dari cedera betis kanan. Aktivitasnya sudah meningkat di lapangan untuk mempersiapkan diri bermain lagi di final wilayah. Tetapi masih membutuhkan waktu lebih banyak untuk melantai,” kata sumber ESPN.

Porzingis telah absen sejak Gim 5 ronde pertama playoff melawan Miami Heat. Ia terakhir bermain pada 30 April 2024. Pada gim 5 itu, Porzingis hanya berada di lapangan selama 13 menit dengan mencetak 7 poin dan 3 rebound.

Ia mengalami cedera tanpa kontak dengan pemain lain. Saat melangkah keluar dari TD Garden, Boston usai pertandingan itu, Porzingis tampak mengenakan sepatu boot khusus pada kakinya yang cedera. Setelah itu ia melewatkan lima gim melawan Cavaliers.

Dalam playoff pertamanya dengan Celtics, Porzingis mencatat rata-rata 12,3 poin, 5,0 rebound, 1,8 asis, dan 1,5 blok dalam empat gim. Sejak Porzingis menepi, posisinya digantikan oleh Al Horford, yang mengumpulkan 22 poin, 15 rebound, dan 3 blok selama melawan Cavaliers.

Celtics memang memiliki waktu lebih lama untuk istirahat. Mereka menyelesaikan semifinal wilayah dalam lima gim dengan menaklukkan Cleveland Cavaliers.  Gim 5 sendiri berlangsung pada 15 Mei lalu dengan kemenangan Celtics 113-98.

Celtics masih menantikan calon lawan di final wilayah antara New York Knicks dan Indiana Pacers. Kepastian berlangsung lebih lama. Kemenangan Pacers 116-103 hari ini membuat mereka berhasil memaksa Knicks melakukan Gim 7 yang dijadwalkan pada besok lusa.

Sementara itu, Gim 1 Final Wilayah Timur akan berlangsung pada Selasa (21/5) mendatang. Celtics sebagai unggulan pertama memiliki kesempatan memainkan laga kandang terlebih dahulu di TD Garden. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar