IBL

Lithuania semakin gencar mengepakkan sayap mereka di basket, utamanya di kawasan Asia Tenggara. Setelah beberapa waktu lalu Indonesia melalui Perbasi mengumumkan kerja sama dalam basket dengan Lithuania, kini giliran Filipina melakukan hal yang serupa. 

Melalui rilis resmi yang dikeluarkan oleh federasi basket Filipina, Samahang Basketbol Ng Pilipinas (SBP), kedua pihak telah menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) padada Rabu, 24 April 2024. MoU ini fokus kepada kerja sama untuk mencapai target-target dalam pengembangan basket. 

Eksekutif Direktur, Erika Dy jadi perwakilan SBP sedangkan Lithuania diwakili oleh mantan pemain mereka yang berlaga di Olimpiade 1988 Seoul, Valdas Chomicus. Selain itu ada juga Sekretaris Departemen Luar Negeri Filipina, Enrique Manalo, dan Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis. Proses penandatanganan MoU dilakukan di Philiphpine Plaza, Pasay City. 

"SBP merasa sangat beruntung bisa menyepakati kerja sama dengan Federasi Basket Lithuania. Apalagi, Lithuania sekarang bertengger di peringkat 10 FIBA untuk kategori putra. Kita bisa belajar banyak dari mereka," buka Dy dalam rilis resmi. 

Dalam keterangan tambahan, SBP dan Lithuania akan fokus pada kolaborasi untuk pengembangan pelatih Filipina lewat pelatihan, baik untk 5v5 ataupun 3X3, pengembangan tim nasional lewat pemusatan latihan dan pertandingan persahabatan, tentang pengembangan basket muda Filipina. 

Selain basket, Filipina dan Lithuania juga menyepakati MoU serupa dalam bidang sepak bola. Secara keseluruhan, kesepaktan dalam olahraga ini adalah bagian dari kesepakatan diplomatik antara Filipina dan Lithuania. (DRMK)

Foto: Samahang Basketbol Ng Pilipinas 

Komentar