IBL

Australia berhasil mengalahkan Lithuania di pertandingan terakhir Grup H. Mereka menang 87-82 di Dongfeng Nissan Cultural and Sports Centre, Dongguan, Cina, Kamis 5 September 2019. Kemenangan itu sekaligus membuat Australia menggeser Lithuania di puncak klasemen.

Aron Baynes tampil gemilang melawan Lithuania. Senter baru Phoenix Suns itu mencetak dobel-dobel 21 poin dan 13 rebound untuk Australia. Ia sulit dibendung sepanjang pertandingan.

Patty Mills, garda, kemudian menambahkan 23 poin untuk Australia. Nic Kay di belakangnya dengan 11 poin. Matthew Dellavedova dan Jock Landale sama-sama menyumbang 10 poin.

Sementara itu, Lithuania mengandalkan Domantas Sabonis, Lukas Lekavicius, dan Marius Grigonis. Sabonis mencetak 12 poin. Lekavicius 15 poin. Grigonis 19 poin. Namun, perolehan kolektif itu belum cukup untuk mengalahkan Australia.

The Boomers—sebutan tim nasional Australia—hampir selalu unggul di pertandingan ini. Mereka unggul perolehan poin di kuarter satu, dua, dan empat. Australia, misalnya, memimpin 27-19 di kuarter pertama.

Australia tetap di atas angin di kuarter dua. Mereka menambahkan 25 poin di kuarter itu. Lithuania, di sisi lain, hanya sempat mencetak 22 poin. Sehingga Australia tetap memimpin dengan skor 52-41.

Baynes saat itu sudah mengumpulkan 15 poin dan 6 rebound. Dellavedova 10 poin dan Landale 10 poin. Sementara pemain Lithuania belum ada yang menyentuh dobel digit. Sabonis dan Grigonis paling banyak mencetak masing-masing delapan poin.

Di kuarter tiga, Lithuania berusaha mengambil alih kepemimpinan angka. Mereka mencetak lebih banyak poin (19-16). Namun, belum cukup untuk menggulingkan Australia. The Boomers masih unggul 68-60.

Australia terus menjaga asa. Mereka kembali unggul perolehan poin di kuarter empat. Baynes dkk. mencetak 22 poin lagi. Lithuania hanya 19. Australia pun menutup pertandingan dengan kemenangan selisih lima poin (87-82).

Kemenangan itu membuat Australia naik ke puncak klasemen. Mereka menang tiga kali dari tiga pertandingan. Australia berhak melaju ke babak penyisihan kedua. Mereka satu grup dengan Lithuania, Prancis, dan Republik Dominika di Grup L. (put)

Foto: FIBA

Komentar