IBL

Pertandingan kedua di hari pertama seri V Surabaya mempertemukan BSB Hangtuah dengan NSH Jakarta pada Jumat, 19 Januari 2018. NSH berusaha meraih kemenangan pertama mereka musim ini setelah melakoni delapan laga dengan kekalahan. Sayangnya, pertandingan yang digelar di DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur, ini berakhir untuk kemenangan Hangtuah dengan skor 76-66

Duo asing Hangtuah, Keenan Palmore dan Nashan George tampil brilian pada pertandingan sore ini. Palmore mencetak 24 poin dan 10 rebound, sementara George tampil superior dengan 23 poin dan 16 rebound. Pemain senior Kelly Purwanto menjalani salah satu laga terbaiknya musim ini dengan catatan 8 poin dan 8 asis.

Kuarter pertama berjalan seru meski tempo permainan tidak terlalu cepat. Lima menit pertama berlalu cukup berimbang dengan keunggulan untuk NSH 6-8. Pemain asing NSH, Brachon Griffin tampil cukup bagus dengan mencetak 10 dari total 20 poin NSH di kuarter pertama. Meski NSH mencatatkan tujuh kesalahan sendiri (turnover) di kuarter ini, mereka masih bisa menutup kuarter pertama dengan keunggulan 15-20.

Hangtuah berusaha bangkit di kuarter kedua dengan menguasai area kunci.  Mereka mengungguli NSH dalam hal rebound dengan 12 berbanding 7. Ditambah dengan duo asing Hangtuah yang gagal dihentikan pada kuarter ini. George bahkan sudah mencetak double-double dengan 12 poin dan 10 rebound di paruh pertama, sementara Palmore mencetak 13 poin di waktu yang sama. Hangtuah menutup paruh pertama dengan berbalik unggul 36-28.

Setelah turun minum, petaka lain datang kepada NSH. Griffin sudah terkena empat pelangaran saat kuarter tiga masih menyisakan empat menit. Beruntungnya, pemain asing lainnya, Jason Carter, mampu mengambil alih tugas penyerangan. Ia berhasil mencetak 9 poin dan 3 rebound hanya di kuarter tiga. NSH menjaga asa meski masih tertinggal 50-42.

Kuarter terakhir berlangsung sengit setelah George juga terkena foul trouble. NSH terus berusaha mengejar ketertinggalan mereka, salah satunya melalui layup yang dilakukan Carter. Lima menit kuarter empat berjalan, Hangtuah masih unggul 60-52. Lima menit terakhir, kepala pelatih Hangtuah, Andika Saputra, tak mau berspekulasi dengan terus membiarkan George di bangku cadangan.

Sekembalinya George ke lapangan, Hangtuah tak terkejar lagi. Ia mencetak 12 poin dan 3 rebound di kuarter empat sekaligus membawa kemenangan 76-66 untuk Hangtuah.

Kekalahan ini membuat NSH belum pernah meraih kemenangan sama sekali hingga laga kesembilan mereka. “Kami kalah karena pemain-pemain saya tidak ingin menang, secara statistik kami tampil cukup baik, tapi sangat jelas tidak ada keinginan untuk menang,” ujar kepala pelatih NSH, Wahyu Widayat Jati.

“Saya yakin kami akan segera memenangi laga, kami masih punya sekitar delapan laga dan saya bahkan masih sangat yakin kami bisa lolos ke playoffs. Setiap hari kami punya kesempatan baru untuk menjadi lebih baik,” ungkap Brachon Griffin terkait keadaan NSH sekarang.

Kedua tim masih akan memainkan satu laga lagi di Surabaya esok hari. NSH akan menghadapi Stapac Jakarta sementara Hangtuah akan berhadapan dengan Garuda Bandung.

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar