IBL

BSB Hangtuah keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan NSH Jakarta di partai terakhir mereka di seri ini. Pasukan Kepala Pelatih Andika Saputra itu menang 66-61 di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Minggu 4 Februari 2018. Kemenangan itu sekaligus membuat Hangtuah akhirnya mengemas satu kemenangan dari tiga laga di Indonesian Basketball League (IBL) 2018 Seri VII Cirebon.

Nahshon George lagi-lagi menjadi pencetak angka terbanyak Hangtuah dengan 27 poin dan tambahan 13 rebound. Keenan Palmore di tempat kedua dengan 15 poin, 12 rebound, dan 7 asis. Kedua pemain asing ini menjadi tumpuan Hangtuah untuk memenangi laga sengit ini. Mereka bermain penuh tanpa pernah ditarik keluar.

“Saya paksakan mereka bermain,” ujar Andika seusai laga. “Ini game terakhir (di seri VII Cirebon), jadi saya paksakan mereka untuk bermain.”

Di sisi lain, pemain lokal Hangtuah, Abraham Wenas, memberi kontribusi cukup baik. Ia mencetak 11 poin di laga ini dengan persentase tembakan 50 persen, meski di awal katanya sempat grogi. Menurutnya, ketika sudah memegang bola, kepercayaan dirinya justru mulai tumbuh.

Sementara itu, di kubu NSH, Brachon Griffin menjadi pendulang angka terbanyak. Ia mencetak 22 poin di laga ini. Jason Carter lalu menyusul dengan 19 poin dan 23 rebound. Terakhirnya, pemain lokal Andre Rorimpandey memberi 10 poin.

Hangtuah sebenarnya sempat memimpin cukup jauh di kuarter pertama. Hanya saja petaka datang di kuarter dua. Menurut Andika, timnya terlalu banyak melakukan kesalahan berbuah serangan balik. Setidaknya di laga ini saja mereka melakukan 21 kesalahan, sehingga NSH memanfaatkan itu untuk mencetak angka.

Kendati begitu, menurut Wahyu Widayat Jati, kepala pelatih NSH, timnya kurang memaksimalkan kelengahan lawan. Meski banyak merebut penguasaan bola, anak-anak asuhnya justru tidak bisa mendulang poin dengan maksimal. “Kami tidak bisa mengatur game dengan baik,” imbuhnya.

Akibat dari kurang maksimalnya permainan NSH, Hangtuah pun bisa bangkit lagi untuk menjaga keunggulan. Mereka pun akhirnya menang 66-61. Satu-satunya kemenangan yang mereka raih.

Dengan demikian, Hangtuah pun akan fokus ke seri selanjutnya di Malang. Andika ingin timnya memaksimalkan sisa laga yang ada. Mereka masih mungkin tembus ke Playoff, sementara NSH justru sudah tidak punya kesempatan lagi.    

Foto: Hari Purwanto

Komentar