IBL

Dallas Mavericks semakin dekat untuk membalas dendam kepada Los Angeles Clippers karena menyingkirkan mereka dari babak playoff selama dua musim berturut-turut pada tahun 2021 dan 2022. Namun saat Mavericks bersiap untuk Gim 4 yang penting melawan Clippers, sorotan tertuju pada Luka Doncic, yang masuk daftar pemain yang dipertanyakan tampil karena nyeri lutut kanan. Pertandingan ini akan berlangsung pada hari Minggu (28/4) waktu Amerika Serikat di American Airlines Center.

Ketidakpastian seputar partisipasi Doncic menyusul tabrakannya dengan center Clippers Ivica Zubac di Gim 2, setelah itu ia keluar sebentar dari lapangan. Meski mengalami kemunduran, ia segera kembali, masih menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan, namun berhasil terus bermain efektif.

Kondisi Doncic semakin buruk ketika dia menderita cedera pada kuarter pertama saat Mavericks mereka menang 101-90 di Gim 3 pada hari Jumat. Pemain Clippers Russell Westbrook memotong Doncic ketika mencoba mencuri bola dan tersandung, menyebabkan dia bangkit dengan hati-hati dan tertatih-tatih ke bangku cadangan. Doncic meringis menahan sakit, namun kembali bermain dan memimpin timnya meraih kemenangan dengan nyaris tripel-dobel, dengan hanya kurang satu asis. 

Setelah sesi latihan hari Sabtu, keala pelatih Mavericks Jason Kidd memberikan rincian terbatas tentang kondisi Doncic. "Dia terlihat bagus dalam latihan dan melakukan tembakan, jadi saya akan tetap berada di jalur saya dan membiarkan laporan cedera tetap ada," kata pelatih Kidd.

Jason Kidd meragukan parahnya cedera Doncic ketika berbicara kepada wartawan. "Saya tidak tahu apakah dia (benar-benar) cedera. Dia mampu bermain 40 menit," kata Kidd. 

Mavericks berharap untuk pemulihan dan partisipasi Doncic. Pemain Slovenia yang dikenal kuat melewati rasa sakit untuk bermain, mengungkapkan keinginan kuatnya untuk berada dalam daftar susunan pemain, dengan menyatakan, "Anda tahu saya, saya akan mencoba bermain."

Meskipun Doncic tampaknya masih merasa tidak nyaman, dia cukup fit untuk bermain pada hari Minggu. Doncic merasa sangat penting bagi kesuksesan Mavericks musim ini. Mereka telah memainkan 12 pertandingan tanpa dia musim ini dan hanya menang empat kali. 

Mavericks juga menambahkan daftar pemain cedera tambahan. Olivier-Maxence Prosper terus absen karena keseleo pergelangan kaki dan menggunakan kruk. Sementara itu, Tim Hardaway Jr. diragukan tampil di Gim 4 karena masalah pergelangan kaki yang, meski ia tidak membutuhkan sepatu bot untuk membantu berjalan.

Seiring berlanjutnya seri ini, Mavericks akan sangat bergantung pada kehadiran Doncic di lapangan, mengingat perannya sebagai opsi serangan utama. Doncic mencetak rata-rata 29,0 poin, 9,7 rebound, dan 8,0 asis di babak playoff tahun ini.

Sebaliknya, di kubu Clippers, Kawhi Leonard mungkin tidak bisa memainkan Gim 4 karena peradangan lutut yang tidak kunjung membaik. Dia terdaftar sebagai orang yang dipertanyakan dalam laporan cedera Clippers. (*)

Foto: Dallas Morning News

Komentar