IBL

Dallas Mavericks menutup laga pramusim tanpa Luka Doncic. Pemain asal Slovenia itu absen. Luka mengalami cedera betis kiri. Cedera itu juga membuat penampilannya melawan Real Madrid terbatas hanya lima menit.

Pada Jumat (20/10), Pelatih Mavericks Jason Kidd mengabarkan bahwa Luka kemungkinan akan menepi dalam batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Kondisinya masih dievaluasi. Luka sendiri menepi saat Mavericks meraih kemenangan 114-104 dari Detroit Pistons.

Cedera betis Luka kambuh saat laga ekshibisi melawan Real Madrid pada 9 Oktober laly. Tampil selama lima menit, Luka sempat mencetak 9 poin yang berasal dari tembakan tripoin dalam lima percobaan.

Setelah kembali ke Spanyol, Kidd menyebut kondisi Luka baik-baik saja dan tidak ada hal yang serius. Tetapi melihat perkembangan selama satu pekan ini, tampaknya Mavericks mulai khawatir.

Luka mengalami cedera betis sejak musim 2021-2022. Saat itu, ia harus absen selama 12 hari. Meski Mavericks menyelesaikan musim lebih cepat pada April lalu, Luka tidak memiliki waktu banyak untuk pemulihan.

Ia tampil di Piala Dunia FIBA 2023. Luka membawa Slovenia melaju ke perempat final tapi kalah dari Jerman. Slovenia berakhir di peringkat ketujuh dengan lima kemenangan dari 8 gim.

Jika kondisi Luka tak kunjung membaik, ini akan menjadi pukulan berat bagi Mavericks di awal musim 2023-2024. Mereka berharap Luka bisa fit agar perpaduan dengan Kyrie Irving bisa menunjukkan hasil yang sempurna.

Mavericks sendiri gagal lolos playoff musim lalu. Mereka terjatuh dalam 38-44 di posisi ke-11 Wilayah Barat. Ini merupakan hasil terburuk Mavericks dalam empat musim terakhir.

Mavericks dijadwalkan melawan San Antonio Spurs dalam pembuka musim pada Rabu (25/10) mendatang. Dengan kondisi luka saat ini, kemungkinan ia tidak akan bertandang ke San Antonio. (rag)

Foto: Jesus Orihuela/Euroleague

Komentar