IBL

Didukung oleh rekor playoff  23 tripoin, Miami Heat memastikan hasil berbeda di Gim 2 Playoff NBA Putaran Pertama melawan Boston Celtics, Rabu malam (24/4) waktu Amerika Serikat. Heat, unggulan kedelapan yang bertangan pendek, bangkit kembali dari kekalahan 20 poin di Gim 1, mengejutkan unggulan teratas Celtics, lewat kemenangan 111-101 di TD Garden.

Heat mencetak rekor baru untuk tembakan tripoin dalam pertandingan playoff, dengan memasukkan 23 tripoin dari 43 percobaan (53,5 persen). Tertinggal tiga poin pada babak pertama, Heat mengungguli Celtics 27-18 pada kuarter ketiga untuk memasuki kuarter keempat dengan keunggulan enam poin. Heat kemudian tidak pernah tertinggal di kuarter keempat, unggul sebanyak 11 poin di periode terakhir.

Bermain tanpa dua pemain terbaiknya Jimmy Butler (MCL terkilir) dan Terry Rozier (kejang leher), Heat masih merasa cukup karena kontribusi berkualitas dengan rotasi. Lima pemain Heat finis dengan poin dua digit dan tiga pemain Heat mencetak lebih dari 20 poin. Tyler Herro memimpin Heat dengan 24 poin dan 14 asis, yang tertinggi dalam tim. Bam Adebayo menambah 21 poin melalui 9 dari 13 tembakan dari lapangan dan 10 rebound. Caleb Martin mencatatkan 21 poin.

Untuk Celtics, gabungan Jaylen Brown (33 poin) dan Jayson Tatum (28 poin) menghasilkan 61 poin. Namun gabungan pemain Celtics lainnya hanya menghasilkan 40 poin pada 14 dari 37 (37,8 persen) dari lapangan di Gim 2. Seri tersebut sekarang berpindah ke Miami untuk dua gim berikutnya, dengan Gim 3 dijadwalkan pada hari Sabtu di Kaseya Center. 

Kepala pelatih Heat Erik Spoelstra mengatakan bahwa mereka akan melakukan upaya bersama untuk menurunkan tripoin Celtics, dan menaikkan persentase tembakan mereka. Pendekatan ini menguntungkan Heat. 

Celtics menggunakan tripoin untuk keunggulan mereka di Gim 1, menghasilkan 22 dari 49 tembakan jarak jauh. Tapi Gim 2 adalah cerita yang berbeda karena mereka menghasilkan 12-untuk-32. Miami Heat, sementara itu, melepaskan tembakan, menghasilkan 23-dari-43 dari belakang garis tiga angka. 23 tripoin Miami Heat terpaut dua angka dari rekor playoff NBA dan memecahkan rekor 20 lemparan sebelumnya, yang dicatat selama playoff 2021 melawan Milwaukee Bucks. (*)

Foto: nba.com

Komentar