IBL

Boston Celtics hanya tinggal satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran kedua Playoff NBA 2024, setelah mengalahkan Heat, 102-88, pada Gim 4 di Miami, Senin malam (29/4) waktu Amerika Serikat. Derrick White menjadi bintang permainan dengan mencetak 38 poin, sementara Jayson Tatum membuat dobel-dobel dengan 20 poin dan 11 rebound. Namun apes bagi Celtics, karena Kristaps Porzingis meinggalkan permainan di kuarter kedua karena cedera kaki.

"Saya melakukan beberapa tembakan lebih awal," kata White, yang memasukkan 15 dari 26 tembakan di lapangan dan 8 dari 15 tembakan tiga angka.

Celtics menang di Miami untuk keenam kalinya berturut-turut, dan meningkat menjadi 14-3 dalam 17 pertandingan terakhir mereka di kandang Heat. Tapi itu adalah kemenangan yang mahal, dengan Kristaps Porzingis terjatuh di babak pertama karena cedera betis kanan. Dia meninggalkan arena dengan sepatu berjalan, yang sering kali digunakan sebagai tindakan pencegahan cedera yang lebih parah.

Pelatih Celtics Joe Mazzulla mengatakan dia belum mendapatkan kabar terkini pasca pertandingan mengenai kondisi Porzingis.

"Saya tidak melihat apa yang terjadi," kata Mazzulla.

Jayson Tatum menambah 20 poin dan 10 rebound untuk Celtics, yang mendapat 17 poin dari Jaylen Brown dan 11 poin dari Jrue Holiday.

"Kami harus terus berjuang," kata Tatum, "dan, tidak bermain dengan putus asa."

Bam Adebayo menyelesaikan dengan 25 poin, 17 rebound, dan 5 asis untuk Heat. Tyler Herro mencetak 19 poin dan Caleb Martin menyumbang 18 poin. Miami kehilangan starter rookie Jaime Jaquez Jr. di babak kedua karena kakinya kram, dia akan dievaluasi pada hari Selasa. Heat masih tampil tanpa starter Jimmy Butler (cedera lutut) dan Terry Rozier (cedera leher). Heat hanya berhasil mengumpulkan 84 poin di Gim 3 dan kembali kesulitan dalam menyerang di Gim 4. 

"Secara ofensif, kami kembali kesulitan," kata pelatih Heat Erik Spoelstra. "Kami tampil bagus sejak awal, tidak mampu mengalahkannya, dan Derrick White tampil sangat bagus malam ini, tentu saja. … Dia sangat efisien, sangat bagus."

Ini adalah kali ke-29 tim Boston unggul 3-1 dalam seri best-of-seven. Celtics memenangkan semua 28 seri sebelumnya, termasuk tujuh kali di Final NBA dan seri putaran pertama melawan Miami pada tahun 2010. Jadi menurut catatan sejarah, Celtics akan memenangkan seri playoff bila sudah memimpin 3-1. (*)

Foto: nba.com

Komentar