IBL

Awalnya para pendukung Boston Celtics menyesalkan kepergian Marcus Smart. Tapi sekarang tidak. Karena Jrue Holiday dan Derrick White bahu membahu dalam membantu meringankan beban Jayson Tatum dan Jaylen Brown. Terlihat di gim melawan Miami Heat, Jumat malam (27/10) waktu Amerika Serikat, di mana Celtics akhirnya menang 119-111. 

Jrue Holiday mencetak 17 poin, 10 rebound, dan 7 asis. Menjadi pemimpin dalam rebound dan asis tim Celtics pada laga kali ini. Sedangkan Derrick White menyumbang 28 poin, dengan 5 tripoin yang disarangkan. Jaylen Brown menambahkan 27 poin dan 6 rebound. Lalu Jayson Tatum menyelesaikan laga dengan 22 poin. 

Pertandingan ini berlangsung sengit. Karena tidak ada tim yang mampu unggul lebih dari lima poin pada akhir kuarter pertama hingga ketiga. Karena kedua tim sama-sama mencapai akurasi tembakan 50 persen. Terdapat enam kali skor sama kuat, dan enam pergantian keunggulan selama laga berlangsung. 

Boston Celtics memprioritaskan perombakan roster. Dengan Jayson Tatum dan Jaylen Brown memimpin, Celtics telah berulang kali gagal mengamankan gelar juara. 
Perombakan roster dengan tambahan pemain penting, yaitu Jrue Holiday dan Kristaps Porzingis memberi Celtics kesempatan untuk menemukan ritme baru. Melalui dua pertandingan, Celtics telah menunjukkan performa yang mengagumkan. 

Holiday memainkan pertahanan berkualitas sambil membantu produktifitas poin. Sedangkan Porzingis menambahkan perlindungan di sekitar ring dengan kemampuan mencetak gol dari dalam, dan memasukkan 17 poin dari perimeter. Sementara Derrick White tampil dengan performa yang menawan, baik saat menyerang dan bertahan. 

"Serangan seimbang yang kami miliki sepanjang pertandingan adalah visi tentang tim kami bisa menjadi apa," kata pelatih kepala Celtics Mazzulla kepada wartawan setelah kemenangan tersebut. "Bermain bersama. Mainkan sebagai versi terbaiknya. Ketika satu orang tidak berhasil mencetak poin, maka orang berikutnya akan mengambil tindakan."

Kalau berbicara tentang Celtics, maka belum bisa lepas dari pertahanan. Karena pertahanan akan menjadi faktor x, yang akan menentukan sejauh mana Celtics bisa melangkah. Sejauh ini, solidnya lini belakang White dan Holiday tampaknya memberikan energi kembali kepada Tatum dan Brown untuk meningkatkan upaya pertahanan mereka.

"Hal terbaik yang saya lihat darinya adalah konsistensinya dalam bertahan," jelas Mazzulla. "Ketika Anda adalah dua pemain terbaik yang bersaing dalam pertahanan tingkat tinggi, hal itu akan menentukan suasananya. Kami tahu Derrick dan Jrue akan melakukan itu."

Selanjutnya, Celtics akan bertandang ke markas Washington Wizards pekan depan. Sedangkan Heat melanjutkan perjalanan tandangnya ke Minnesota, akhir pekan ini. (*)

Foto: nba.com

 

Komentar