IBL

Pembicaraan soal Greatest of All Time (GOAT) atau Pemain Terbaik Sepanjang Masa memang tidak akan berakhir. Dua nama yang sering disebut adalah Michael Jordan dan LeBron James. Dalam voting yang diselenggarakan oleh The Athletic, Jordan unggul tipis atas LeBron.

Pemungutan suara itu melibatkan 133 pemain NBA secara anonim. Jordan mendapatkan 61 suara dan LeBron 56 suara. Hanya terpaut lima suara saja. Sangat tipis. Hampir berimbang. Sementara itu, Kobe Bryant menempati posisi ketiga.

Perolehan suara LeBron juga meningkat dari jejak pendapat yang dilakukan selama tiga tahun itu. Pada tahun 2019, Jordan memimpin dengan keunggulan 73 persen dan LeBron 11,9 persen. Kemudian pada 2023, Jordan tetap unggul tapi dengan persentase lebih kecil 58,3 persen. Suara untuk LeBron meningkat menjadi 33 persen.

Pada voting ketiga ini, selisih keduanya menipis menjadi 3,8 persen saja. Adanya perubahan persepsi pemain menyebabkan perubahan tersebut. Apalagi mereka melihat LeBron, sebagai pemain veteran dan tertua di liga, tidak menunjukkan tanda-tanda melemah.

Selama 14 bulan terakhir, LeBron mencetak prestasi luar biasa secara individu atau tim. Beberapa diantaranya adalah memecahkan rekor poin sepanjang masa Kareem Abdul-Jabbar, membawa Lakers ke Final Wilayah Barat dan memenangkan In-Season Tournament, hingga masuk All-Star ke-20.

Dari segi statistik, LeBron masih dalam rata-rata setidaknya 25 poin, 8 asis, dan 7 rebound per gim. Catatan tersebut semakin memperkuat posisi LeBron sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA.

Dari segi waktu bermain, LeBron dan Jordan memiliki perjalanan yang berbeda. LeBron mencapai musim ke-21, dan tetap konsisten, yang membuatnya bisa mencapai berbagai rekor. Jordan aktif pada era 1990-an pensiun setelah bermain selama 15 musim.

Salah satu kemungkinan adanya penurunan pemilih Jordan karena perubahan demografi pemain NBA dari waktu ke waktu. Seiring berkembangnya liga, masuknya pemain-pemain baru, dan makin sedikit pemain NBA yang “terpapar” Jordan secara langsung menjadi faktor mengecilnya jarak tersebut. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar