IBL

NBA telah mengumumkan finalis Defensive Player of the Year (DPOY) 2024. Ada Victor Wembanyama, Rudy Gobert, dan Bam Adebayo. Tidak ada nama Anthony Davis. Center Los Angeles Lakers itu curhat tentang dirinya yang jarang masuk jajaran pemain bertahan terbaik.

“Saya tidak akan pernah mendapatkan DPOY. Mereka tidak memberikannya kepada saya. Liga ini tidak menyukai saya. Saya pemain bertahan terbaik di liga. Saya bertukar posisi 1 sampai 5. Saya bisa menjaga pick and roll, melakukan blok, hingga rebound,” kata Davis dilansir melalui ESPN.

Penghargaan individu tampaknya memang “menjauhi” Davis. Ia menjadi pilihan teratas NBA Draft 2012 oleh New Orleans Hornets. Tapi kalah dari Damian Lillard sebagai Rookie of the Year 2013.

Davis mencapai musim terbaiknya pada 2017-2018. Setelah berganti menjadi New Orleans Pelicans, Davis menjadi finalis Most Valuable Player (MVP) dan DPOY 2018. Tapi MVP 2018 dimenangkan oleh James Harden. Posisi berikutnya adalah LeBron James dan Davis diurutan ketiga.

Dalam persiangan DPOY 2018 tersebut, Rudy Gobert menjadi juaranya. Posisi kedua ditempati oleh Joel Embiid. Davis menjadi nomor tiga.

Davis masuk lagi sebagai finalis DPOY 2020 setelah ia menjadi pemain Lakers. Itu adalah terakhir kalinya namanya diperhitungkan sebagai pemain bertahan terbaik. Lagi-lagi Davis kalah voting.

Pada musim tersebut, ia mengantar Lakers menjadi juara NBA. Tapi Davis kembali gigit jari dalam raihan individual. Giannis Antetokounmpo menjadi DPOY 2020. Davis di posisi kedua dan diikuti oleh Gobert.

“Saya tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Saya sudah melupakannya (menjadi DPOY). Saya hanya akan melakukan apa yang saya bisa untuk membantu tim meraih gelar juara. Saya sudah tidak memikirkan lagi soal penghargaan individu,” kata pemain dari Kentucky Wildcats itu.

Pada musim 2023-2024, Davis mengoleksi All-Star kesembilan. Pemain berusia 31 tahun itu tampil dalam 76 gim. Ia memiliki rataan 24,7 poin, 12,6 rebound, dan 3,5 asis per gim. Saat ini Davis masih berupaya mengangkat Lakers yang tertinggal 0-2 dari Nuggets di ronde pertama NBA Playoff 2024. (rag)

Foto: Getty Images

Komentar